Perbandingan Konsumsi Premium vs Pertamax



Perbandingan konsumsi premium vs pertamax pasca kenaikan harga bbm  premium menjadi Rp 8.500 /L dan solar 7.500 /L patut menjadi perhatian. Khususnya pengguna premium yang umumnya untuk kendaraan pribadi menajadi berpikir, kira-kira lebih murah menggunakan premium atau pertamax, pertamax plus atau shell. Sebenarnya ini sudah lama dibahas sejak kendaraan baru muali dianjurkan menggunakan bbm nilai oktan lebih tinggi karena kompresi 9:1 - 11:1. Semakin menjadi pertimbangan ketika harga premium yang tidak berbeda jauh dari pertamax pasca kenaikan harga bbm, beda dengan dulu yang selisih lumayan jauh antara bbm subsidi dan non subsidi. 

Siapa pun tentunya tau bahan bakar pertamax, pertamax plus dan Shell yang memiliki nilai oktan lebih tinggi ternyata juga lebih irit dibandingkan premium. Dari banyak hasil pembahasan para blogger otomotif sudah terbukti banyak yang lebih condong memilih pertamax dan pertamax plus.

Ini data konsumsi per Liter BBM (Mobil)
Dari data tersebut cukup jelas justru paling mahal adalah premium. Para pengemudi sudah mualai sadar hal tersebut sehingga terbukti sudah sering ditemui beberapa pom bensin kehabisan stok pertamax dan pertamax plus. Mungkin kalo 1 kilo perbandingan cuma 100-200 rupiah, tapi coba kalo 100 km lebih.

Jika dikonversi untuk sepeda motor, sepeda motor jenis bebek injeksi bisa 60 Km/L berarti 10 x lipat darikonsumsi bbm mobil.

Hitungan untuk sepeda motor
Premium = 60 km/L = 8500 : 60 = Rp 141/Km
Rp 14.100 untuk menempuh100 Km
Pertamax = 86 km/L = 10.200 : 86 = Rp 118/Km
Rp 11800 untuk menempuh 100 Km

Enak bagi yang tinggalnya di kota-kota besar seperti Jabotabek, Surabaya, Yogyakrta dsb, banyak pom bensin yang lengkap nyediain jenis bbm diatas. Tapi beda kalau di daerah pedesaan yang masih jarang ada pom bensin dan kalaupun ada jarang menyediakan pertamax. kebanyakan ngandalin bensin eceran yang ngmbil dari kota. Harga bensin eceran jadi 9000/L, jadi yang tinggalnya di desa ya mau gimana lagi. Munkin sudah saat ada pertamax eceran, melihat sekarang sudah banyak motor-motor baru di desa-desa.

saya sendiri tidak mengukur secara pasti, pakai sepada motor Honda verza baru beralih ke pertamax setelah bbm naik, saya amat-amati bisa tembus 80-90 Km/L , kalau dulu pas pakai premium paling 50-60 Km/L. Jadi mulai pindah jenis bbm partamax, pertamaz plus atau Shell aja, lebih bagus, irit dan murah.

No comments:

Post a Comment

.