Review Oli MPX3 untuk Motor Verza


Oli MPX3 ini varian oli baru dari Honda dengan vikositas atau kekentalan oli yang lebih tinggi yaitu 20-40w Jaso MA. Sebenarnya saya buka sengaja memakai oli MPX3 ini dulunya biasa sudah 3 tahun pake MPX1 dengan vikositas 10-30w.

Ini gara-gara si bengkel Ahass tiba-tiba saja tanpa pemberitahuan dikasih MPX3 yang saya agak ragu harganya jauh lebih murah bisanya pake 1L harga 48.000 ini MPX3 harganya 36.000 terpaut jauh juga kan. Yasudah saya kasih review dari perasaan menggunakannya juga review yang saya baca dari blogger lain salah satunya tmcblog.com

Perbandingan vikositas rendah dan tinggi
Bagi motor baru era sekarang menggunakan oli vikositas rendah adalah rekomendasi utama dan memang sudah pada memilih 10-30w terutama motor matic. Kita tahu vikositas rendah menunjukkan oli lebih encer dan cepat melumasi sela-sela terkecil mesin.

Dari segi penggunaan sehari-hari dalam jangka pendek (tidak mengendara ber jam-jam jarak jauh). Oli dengan vokositas rendah cepat masuk ke sela-sela mesin pilihan motor baru.

Sedangkan vikositas tinggi untuk mesin yang sudah berumur dan jarak tempuh jauh karena tahan panas dan lama menempel pada mesin

MPX3 untuk Verza?
Jika kamu lihat posternya oli ini memang ditujukan untuk sepeda motor lama kan? yang idealnya mesinnya sudah renggang dan cenderung bekerja lebih keras karena umur yang tua, sehingga oli yang lebih kental lebih bagus, karena lebih lama menempel di mesin.

Karena usia verza saya sendiri sudah 3 tahun mungkin cocok juga pakai MPX3 apalagi vikositas tinggi lebih tahan panas, ini kelebihannya MPX3 diberi 20-40W.

Saya rekomendasikan jangan untuk Verza baru atau motor baru, sebaiknya tetap menggunakan MPX1 atau SPX1. Sudah jelas di poster tandanya untuk sepeda motor yang sudah berumur karena struktur mesin yang lebih renggang, lebih panas, vikosistas tinggi alternatif yang lebih baik

No comments:

Post a Comment

.