Penyebab dan Solusi Mesin Motor Susah Hidup


Salah satu masalah yang sering terjadi adalah mesin motor susah hidup. Apalagi di saat pagi hari atau motor jarang dipakai, maka menurut Agung pemilik bengkel Inti Motor Di Jl Lingkar Timur Sidoarjo ada tiga hal yang harus dicek, apa saja ketiga hal tersebut?

Yaitu bahan bakar, kompresi dan pengapian. Jika salah satu yang kerjanya tidak sempurna bisa dipastikan mesin akan susah hidup.’Paling sering terjadi pada waktu kondisi mesin dingin adalah permasalahan pada bahan bakar’’ dan yang berkaitan dengannya, seperti tangki bahan bakar dan karburator

Pertama cek dari karburator bisa saja kotor atau banyak endapan yang menyebabkan penyempitan pada saluran pelepasan bahan bakarnya. Sehingga mengakibatkan proses pengabutan jadi kurang sempurna berakibat mesin susah hidup. Tentunya wajib dibersihkan

Penyebab lainnya karena aliran bahan bakar dari tangki ke karburator tersendat sehingga bensin tidak mengisi karburator dengan baik, penyebab bisa dari tangki bensin banyak kotoran atau filter bensin yang kotor.Lubang hawa pada tutup bensin tersumbat juga bisa menyebabkan bensin tak mau mengalir ke karbu

Bila pada sistem bahan bakar dipastikan tidak ada masalah, selanjutnya cek kompresi mesin. Langkahnya, lepas busi terlebioh dahulu, lalu tempelkan jari  ke lubang busi dan coba sela kick starternya. Bila tekanan dalam ruang atau pengapiannya masih baik dan kuat, tandanya kompresi mesin masih bagus. Karena jika kompresinya lemah, jelas akan membuat mesin susah hidup dan tenaga drop. Turunnya kompresi bisa disebabkan klep bocor.


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

2 Comments

  1. Begini gan pengalaman ane waktu MESIN SUSAH HIDUP (apalagi pas pagi hari)
    dibawa ke bengkel berapa kali namun tetap aja tu motor besok paginya susah hidup lagi, jangankan besok pagi malampun di coba masih susah hidup juga,
    Kesimpulan ane begini gan, pas dibawa ke bengkel motor sudah dalam keadaan hidup dan mesin sudah cukup panas, ya jelas aja pas di bengkel tampak baik2 saja walaupun mesin di matikan lalu dihidupkan lagi ya pasti gak susah hidup karena mesin sudah panas pas menuju bengkel.

    Bulan berikutnya ane pakai cara gini gan, pas pagi hari susah dihidupan saya biarkan saja lalu saya dorong ke bengkel terdekat, dan setelah mekanik mencoba starter jelas saja susah hidup seperti yang saya alami tiap hari... tiap minggu... tiap bulan.... huuuuuh :(
    Ternyata benar gan.... mekanik cerdas tersebut langsung komentar WAH INI KLEP NYA harus di ganti PLUS dibersihkan PAKING BORING nya, dan waktunyapun gak bisa cuma sejam gan, ane taruh pagi & sore baru bisa di ambil.
    Mengenai ongkos GANTI KLEP Rp 25.000 dan biaya bersihkan PAKING BORING Rp 100.000

    Total Cuma Rp 125.000 tapi motor sudah normal kembali starternya gan, bahkan tarikan nya pun beda banget (mungkin krn paking boringnya dibersihkan kali ya :)
    Terima kasih mekanik BENGKEL MOTOR "PALASARI" jalan pasir impun BANDUNG

    saya wibowo (08.123456.2819 & PIN 23238CDF)

    ReplyDelete
Previous Post Next Post