Penyebab Motor Mati & Susah Nyala Ketika Mesin Panas

Mengapa motor sering mati saat panas? mungkin anda pernah atau sedang mengalami hal ini. Seringnya mati tiba-tiba, apalagi di saat berhenti lampu merah, parahnya ketika mau distarter tak mau nyala. Pengalaman ini pernah menimpa saya, dan saya gak tahu  penyebabnya. Ada beberapa hal yang mungkin perlu diketahui. Dengan mengetahui apa penyebab sering matinya mesin sepeda motor, semoga dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi. Nah.. berikut inilah penyebab motor mati dan susah nyala ketika mesin panas, berikut juga solusinya.

Mesin mati saat panas, tanda pulser koil bermasalah
Jika anda beranggapan susah nyalanya mesin motor, sering mati di saat mesin panas penyebabnya adalah busi, ini juga benar, tetapi busi baru dan normal kok masih saja bermasalah? Ya itu dia masalahnya ada di pulser dan koilnya.

Hal ini sangat jelas tandanya jika  tiba-tiba mati di saat mesin panas, tidak bisa langsung dihidupkan, setelah di tunggu beberapa saat mesin baru bisa di hidupkan kembali tapi alangkah keselnya motor tidak bisa hidup lama,alias setelah jalan beberapa saat akan mati lagi. Ini jelas merepotkan sekaligus menyebalkan.

Ini benar-benar pengalaman pribadi, dan ketika anda ke bengkel tidak menjelaskan dengan detail masalahnya, si bengkel belum tentu bisa tahu tepat penyebabnya. Otomatis itu teknisi akan membuka karbu, karena dikira bensin ga turun, menganti busi, atau mengecek CDI. Itu wajar kerena banyak penyebabnya jika masalahnya 'mesin susah dinyalakan' karena hal ini yang sering di keluhkan ke teknisi bengkel.
Kerena itu jelaskan lah pada bengkel masalah yang terjadi dengan detail, maka teknisi dapat lebih paham masalahnya apa.

Masalah matinya mesin seperti ini sangat besar hubungnya dengan pulser atau sepul di bagian dok mesin, tetapi belum tentu alat itu rusak. Jarang sekali sepul atau pulser mengalami kerusakan, biasanya cukup dibersihkan dan di stel ulang, jangan gegabah menggantinya karena biaya lumayan mahal.

Nah yang paling tepat masalahnya ada di coil, cek saja percikan listrinya pasti sangat kecil bahkan tidak ada. Kalau belum tahu tentang koil mintalah tolong pada si teknisi bengkel untuk mengecek koilnya. Posisi koil motor itu disalurkan ke cop busi sebagai penghantar listrik dari stater ke busi, itu gambaran mudahnya jika belum tahu.

Minta gantilah yang bagus, harga coil yang bagus dan berkulitas dan orisinil. Jadi itu solusinya jika mesin motor mati di saat panas dan sulit dinyalakan.

peduli masalah motor

11 comments:

  1. wah kaya di new vegar ane gan...sampe udah ganti spul assy ori...dan kambuh lagi.kata mekanik bengkel koil tidak bermasalah... kira-kira apa ya?mohon pencerahan dan terima kasih banyak :)

    ReplyDelete
  2. kalo coil baru tp ttp msh mati, gmanaa yaa?

    ReplyDelete
  3. suzuki thunder saya sering mogok tiba2,ciri2nyaa gas ngempos,,kalao dipanasin hidup tapi kalo ditarik gas mati apa penyebabnya,,,terma kasih salam kenal

    ReplyDelete
  4. All@ Cba naikin spuyernya 2 angka dr bwaan yg ada di karbu,

    ReplyDelete
  5. Honda verza Saya mengalami hal berikut, saat lewat polisi tidur telat menurunkan persneling dan mesin mati. Cukup lama utk menghidupkannya lagi karena tidak ada kompresi saat di engkol dan membutuhkan ±15 menit utk bisa hidup. Tokcer kok mesin hidup kembali perjalanan bisa dilanjutkan.
    Kalau menurut analisa saya ;
    1. telah terjadi over head
    2. Saat melewati polisi tidur dan telat pindah gigi, maka yg terjadi adalah bahan bakar menjadi kaya (menumpuk di ruang bakar) sedangkan api busi kecil.
    CMIIW

    ReplyDelete
  6. iya bikin kesal. honda tiger gak pernah rewel. rewel dilampu merah. pas hujan deras lagi. distarter gak hidup2. jian bikin malu....wisss...wisss.

    ReplyDelete
  7. Bang mohon tanya dong kenapa motor satria fu saya habis di ganti payung klep nya pas di rakit kembali tidak mau nyala ya....padahal pengapian ada dan kompresi besar..
    Mohon di respon

    ReplyDelete
  8. Mohon tanya dong bang kenapa ya motorsatria fu saya ketika di ganti klep susah nyala....padahal pengapian ada dan kompresi besar

    ReplyDelete
  9. Byson saya sudah ganti koil baru ori, spul baru ori dan busy baru. Tapi tetep ga mau idup. Apinya tetep kecil. Ada yg bisa bantu?

    ReplyDelete
  10. temen ane kalo motornya susah idup busi item nya di gosok dulu, idup lagi, kagak lama sih wkwkwkw kumat lagi

    ReplyDelete

.