-

Cara Merawat atau Perbaiki Aki Kering

Cara merawat atau perbaiki aki kering sebenarnya tidak sulit, dan tidak perlu terlalu  dipikirkan perawatannya. Meskipun begitu, pada dasarnya semua barang bisa saja mengalami kerusakan, untuk itu ada baiknya tahu cara memperbaiki atau merawat aki kering tersebut.
Aki kering telah banyak digunakan pada motor dan mobil, dan memang aki kering lebih mahal daripada aki basah.
Nah..., apa bro diam saja ketika mengunakan aki kering lalu tiba-tiba rusak?
tentu merasa sayang dengan harganya yang lumayan mahal jika harus beli lagi. Silahkan bro baca sekedar sharing berikut ini untuk memeperbaiki aki kering.


Pada dasarnya accu / aki kering merupakan aki bebas perawatan, jadi tidak ada perlakuan khusus untuk merawat atau memperbaiki aki ini. Jika tiba-aki aki tidak menyala alias soak, hal yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk men-charge aki tersebut. Untuk proses ini, kamu bisa menggunakan charger aki 6-24 volt. Dipasaran, charger aki ini dijual seharga 400 ribuan.

Cara pemakaian charger accu:
1. Pastikan alat ini berada pada posisi off, ketika akan digunakan.
2. Putar knop volt pada posisi sesuai dengan volt aki yang akan diisi.
3. Hubungan kabel merah kutub (+) dengan kutub (+). Kabel hitam pada kutub (-) hubungkan dengan kutub (-) dari aki Anda. Jangan sampai terbalik.
4. Posisikan saklar dari hi-low ke arah low
5. Pasangkan sumber listrik dan baru nyalakan power ON.
6. Setelah proses pengisian dimulai, apabila Anda ingin mempercepat proses pengisian Anda dapat
memindahkan ke posisi HI. Namun cara pengisian accu ke posisi HI secara terus menerus, dapat mengurangi usia accu Anda.

Ketika kawan berniat merawat accu/aki kering supaya tetap berdaya, ente bisa datang ke bengkel yang menyediakan charger aki kering. Ingat...jangan asal pilih tanpa rekomandasi, pernah pengalaman  aki ane menjadi drop sehabis di charge. Bagaimana mendapatkan rekomendasi? tanyakanlah teman-teman atau orang-orang dewasa yang pengalaman ke bengkel.
Accu kan harganya luamyan mahal, lebih baik dirawatlah biar awet minimal 3 tahun, sekian saja sheringnya brow....



Ditulis Oleh : Aldofla ~

Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Merawat atau Perbaiki Aki Kering yang ditulis oleh Blog Motor ID yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Back to top