Mengidentifikasi Knalpot Motor Ngebul

Motor 4 tak knakpotnya ngebul, jika itu terjadii sebagai pemilik wajib waspada dan segera bertindak cepat. Ngebul merupakan indikasi ada masalah terhadap mesin, ada banyak hal penyebabnya. Tak jarang bagi orang yang awam dengan mesin motor pasti menjadi bingung atau justru ga sadar. Apalagi motor jenis injeksi kok keluar asap, wah harus diteliti. Mengidentifikasi knalpot motor ngebul keluar asap tidak gampang jika bukan orang yang banyak pengalaman dengan mesin.

Jenis ngebul pun ternyata berbeda-beda contohnya;
Ngebul pas dinyalian pertama di nyalakan atau pas pagi hari, tapi ketika sudah jalan tidak ngeluarin lagi.
Ada juga saat digeber untuk masuk gigi selanjutnya keluar asap hitam tapi setelah itu kembali normal lagi.
Dan yang paling parah keluar asap putih terus menurus seperti motor 2 tak, ini paling risih baik buat pemilik motor itu sendiri maupun pengendara lain di belakangnya.

Penyebabnya pun bisa beda-beda, saya sendiri pernah mengalami pada saat setelah servis justru jadi ngebul. Kalo gak salah ini karena busi masih basah entah kena oli atau bensin. Yang paling umum dan parah adalah lupa ganti oli sehingga ada mesin aus yang menybabkan oli bocor menuju knalpot terbakar dan menguap menjadi asap. Oli yang tidak cocok pun kadang juga bisa menjadi masalah, mulai dari performa yang menurun atau ngeluarin asap. Kalo oli udah bocor akibat piston aus, silinder rusak,  wah wah biaya perawatan bisa lumayan mahal, jangan sampai deh ini terjadi.

Untuk lebih jelasnya kami jelaskan panjang lebar di penyebab dan solusi motor ngebul

Detail Modifikasi Yamaha Byson

Modifiasi Yamaha Byson cukup familiar digemari bikers Bison karena bodinya yang terbilang keren dan garang dibanding dengan 150 yang lain. Bisanya style moge dengan fairing dan berbagai custom dari yang sederhana minimalis hingga dirombak habis bisa membuat tampilan Bison lebih memikat. Yang bisa dicustom mulai dari ganti stang jepit, penambahan rem cakram belakang, knalpot racing, fairing dsb, berikut ini salah satu contoh detail modifikasi Yamaha Byson.

Headlamp diberikan cover costum model street fighter. Kemudian untuk spakbor juga diganti costum model kawasaki ER-6n dan dipadu vleg V-Rossi 3 inci dengan ban IRC 100/80. Selain itu untuk melengkapi bagian depan ini juga dipasang spion Jupiter Mx.

Bagian tengah disematkan DeltaBox  dan cover engine costum. Sedangkan untuk tangki dan shroud juga costum model Suzuki GSR. 

Body costum model Suzuki GSR, spakbor costum model Suzuki GSR yang dipadu dengan vleg V-Rossi 4,5 inci dibalut dengan ban Dunlop Sportmax 160/60, dan ditambahkan disematkan cakram Ride It.

Knalpot costum Balu Oto Work, underbone NUI Monster Titanium. 

Pilihan Warna Yamaha YZF-R15 2014

Yamaha YZF-R15 yang telah dinanti-nanti penggemar motor moge sportbike Indonesia akhirnya benar-benar muncul dipasarkan. Kalau biasanya TZF-R15 yang muncul warna biru putih MotoGP, sekarang monggo dilihat pilihan warna Yamaha YZF-R15 2014 yang dipasarkan di Indonesia. Sebelumnya juga udah sedikit dibahas YZFR dan banderol harganya yang berkisar 30 jutaan. Saat launching R15 langsung diserbu inden pertama sudah menembus hampir seribu unit. Fantastis karena benar-benar bukti penggemar Yamaha yang sudah menanti buat rivalnya Honda CBR 150 yg terlebih dulu sudah lama mengaspal.  


YZF-R15 Warna biru putih khas seri MotoGP Yamaha yang sekarang menjadi tunggangan Rossi dan Lorenzo menjadi brand yang selalu muncul di pajangan-pajangan media 

Ada juga warna lain yaitu merah putih bagi yang ingin tampil beda.

Dan warna striping hitam emas / black gold juga terkesan beda, garang dan menawan.

Penyebab dan Solusi Motor Ngebul

Jika anda pemilik sepeda motor harus segera tanggap jika melihat knalpot motor ngebul mengeluarkan asap. Itu tanda pada mesin mulai tidak normal, jika dibiarkan bisa tambah parah. Kadang motor ngebul pada pagi hari saat pertama dipanasi pagi harai saja saja dan saat jalan sudah engga muncul, tapi ada juga yang sudah parah terus menerus ngebul saat dibawa jalan. Selain terasa tidak nyaman saat dikendarai, knalpot ngebul pasti akan membuang oli, karena biasanya asap putih tersebut adalah hasil kebocoran oli yang tidak normal pada mesin kemudian terbakar menguap menjadi asap dikelurkan melalui knalpot. Karena itu mari ketahui penyebab dan solusi motor ngebul berasap berikut ini.

Ada dua macam ngebul pada motor. Pertama adalah ngebul yang berasap warna hitam, asap dari knalpot kalau diperhatikan warnanya hitam. Ini disebabkan karburator yang kotor atau knalpot yang udah berkerak. Kalau mau hilang, motor harus diservis, karbu dibongkar, dibersihkan total kalau perlu pakai karbu cleaner. Lalu knalpot mesti dibersihkan.

Ngebul yang kedua adalah keluarnya asap berwarna putih dari knalpot. Ini harus mendapat perhatian khusus karena artinya komponen daleman (bukan celana daleman) motor sobat sudah aus.

4 penyebab dan cara mengatasi knalpot ngebul

Volume oli yang berlebihan
Setiap produsen sepeda motor telah menetapkan kapasitas mesin dalam menampung oli. Bila ada pemilik motor yang ingin menambah volume oli ke mesin dengan dalih agar gesekan antar komponen mesin tidak terjadi, hal itu justru salah. Sebab oli yang melebihi takaran rawan masuk ke ruang bakar, terutama di saat mesin sudah panas dan oli semakin encer. Akibatnya, oli yang masuk ke ruang bakar ikut terbakar saat proses pembakaran terjadi. Hasilnya, asap pekat keluar dari knalpot.

Seal klep bermasalah
Semua motor yang bermesin empat tak dilengkapi klep. Klep berfungsi untuk mengendalikan gas buang dan masuk ke ruang bakar yang akan bercampur dengan bahan bakar minyak (BBM) yang telah disemburkan dari injektor atau karburator. Jika klep itu sendiri aus atau rusak, maka oli yang melumasi piston akan merembes ke ruang bakar. Akibatnya, rembesan pelumas itu ikut terbakar saat proses pembakaran dan menimbulkan asap pekat dari knalpot.

Untuk mengatasi masalah itu mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Sebab bila tidak permasalahan tidak akan pernah selesai karena peranti yang sudah aus tidak bisa digunakan lagi.

Piston dan ring piston aus
Ring piston ada dua jenis, yaitu ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Bila keduanya rusak atau aus, selain menyebabkan kemampuan kompresinya menurun sehingga performa mesin loyo juga menyebabkan oli merembes ke ruang bakar, khususnya ring piston oli. Ring oli ini hanya terdapat di motor mesin empat tak, Sebab, pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.

Bila ternyata silinder masih bagus, tetapi piston dan ring piston telah aus, Anda harus mengganti keduanya.

Liner silinder tergores
Komponen ini terdapat di bagian blok mesin yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam silinder blok dari gesekan piston. Pada saat mesin dinyalakan dan kepala piston yang bergerak maju-mundur atau naik-turun bisa menimbulkan goresan pada liner silinder. Luka gores tersebut menjadi celah bagi oli mesin untuk masuk ke ruang bakar. Ini menyebabkan saat mesin dinyalakan dan proses pembakaran terjadi, oli ikut terbakar sehingga menghasilkan asap pekat,” kata Cucung.

Untuk mengatasi hal itu, harus dilakukan penambahan ukuran atau istilah di kalangan penggemar modifikasi adalah oversizing. Namun, proses tersebut juga harus dibarengi dengan penggantian piston dan ring piston.

Memilih Motor Sport yang Cocok

Bagi pecinta motor laki sport kopling manual sudah  pasti tergiur dengan produk-produk sport baru dari Honda, Yamaha dan Kawasaki. Sebut saja CB150R, New Vixion Lighting, YZF-R15 yang memikat di tahun 2014. Pilihan mulai dari jenis low end sampai moge gaya motoGP full fairing ada semua sehingga menggugah nafsu untuk memilikinya. Harganya semakin bersaing antara 20 juta hingga 50 juta. Pasti buget menjadi pertimbangan utama dan yang paling penting untuk tujuan apa membeli motor tersebut. Jadi mari bahas memilih motor sport yang cocok tentu saja dengan pertimbangan ini

Buget pasti menjadi patokan mau beli model apa. Masalah merek Yamaha dan Honda semua punya kelebihan dan kelemahan, apalagi kalo sudah masalah suka dengan satu pabrikan, itu kembali pada masing-masing  konsumen. Tapi kalo netral justru asik bisa membanding-bandingkan satu sama lain sebelum menentukan membeli. 

Tujuan kepentingan, jika membeli motor nantinya buat kendaraan sehari-hari menembus kemacetan. Jika pengennya jenis sport sebaiknya pilih yang irit bbm, mesin bandel, dan sperpart murah, biasanya harga juga lebih murah. Paling irit jelas Verza 150cc, New Megapro FI dan Yamaha Bison. Ketiga motor itu masih bersahabat dengan premimum, namun pertamax pasti lebih baik.

Kalo anda sudah biasa dengan pertamax dan juga motor yang hobinya ngebut buat  cari speed tapi juga bisa buat pelan di kemacetan, Honda CB150R dan New Vixion Lighting bisa menjadi pilihan. Jelas harganya lebih mahal juga kesannya lebih mewah.

Untuk jenis sport moge full fairing, ini jenis motor speed tinggi, agak lucu jika sering ngesot di kemacetan. Jadi kurang cocok buat keseharian, apalagi juga bbm boros. Tapi kalau pake motor jarang-jarang sering pake mobil, cocok tuh jenis sport fairing Honda CBR, Yamaha YZF-R15, Kawasaki Ninja 250 asik buat diajak lari-lari disaat-saat pengen motoran.