-

Perbandingan Konsumsi Premium vs Pertamax



Perbandingan konsumsi premium vs pertamax pasca kenaikan harga bbm  premium menjadi Rp 8.500 /L dan solar 7.500 /L patut menjadi perhatian. Khususnya pengguna premium yang umumnya untuk kendaraan pribadi menajadi berpikir, kira-kira lebih murah menggunakan premium atau pertamax, pertamax plus atau shell. Sebenarnya ini sudah lama dibahas sejak kendaraan baru muali dianjurkan menggunakan bbm nilai oktan lebih tinggi karena kompresi 9:1 - 11:1. Semakin menjadi pertimbangan ketika harga premium yang tidak berbeda jauh dari pertamax pasca kenaikan harga bbm, beda dengan dulu yang selisih lumayan jauh antara bbm subsidi dan non subsidi. 

Siapa pun tentunya tau bahan bakar pertamax, pertamax plus dan Shell yang memiliki nilai oktan lebih tinggi ternyata juga lebih irit dibandingkan premium. Dari banyak hasil pembahasan para blogger otomotif sudah terbukti banyak yang lebih condong memilih pertamax dan pertamax plus.

Ini data konsumsi per Liter BBM (Mobil)
Dari data tersebut cukup jelas justru paling mahal adalah premium. Para pengemudi sudah mualai sadar hal tersebut sehingga terbukti sudah sering ditemui beberapa pom bensin kehabisan stok pertamax dan pertamax plus. Mungkin kalo 1 kilo perbandingan cuma 100-200 rupiah, tapi coba kalo 100 km lebih.

Jika dikonversi untuk sepeda motor, sepeda motor jenis bebek injeksi bisa 60 Km/L berarti 10 x lipat darikonsumsi bbm mobil.

Hitungan untuk sepeda motor
Premium = 60 km/L = 8500 : 60 = Rp 141/Km
Rp 14.100 untuk menempuh100 Km
Pertamax = 86 km/L = 10.200 : 86 = Rp 118/Km
Rp 11800 untuk menempuh 100 Km

Enak bagi yang tinggalnya di kota-kota besar seperti Jabotabek, Surabaya, Yogyakrta dsb, banyak pom bensin yang lengkap nyediain jenis bbm diatas. Tapi beda kalau di daerah pedesaan yang masih jarang ada pom bensin dan kalaupun ada jarang menyediakan pertamax. kebanyakan ngandalin bensin eceran yang ngmbil dari kota. Harga bensin eceran jadi 9000/L, jadi yang tinggalnya di desa ya mau gimana lagi. Munkin sudah saat ada pertamax eceran, melihat sekarang sudah banyak motor-motor baru di desa-desa.

saya sendiri tidak mengukur secara pasti, pakai sepada motor Honda verza baru beralih ke pertamax setelah bbm naik, saya amat-amati bisa tembus 80-90 Km/L , kalau dulu pas pakai premium paling 50-60 Km/L. Jadi mulai pindah jenis bbm partamax, pertamaz plus atau Shell aja, lebih bagus, irit dan murah.

Mengidentifikasi Knalpot Motor Ngebul

Motor 4 tak knakpotnya ngebul, jika itu terjadii sebagai pemilik wajib waspada dan segera bertindak cepat. Ngebul merupakan indikasi ada masalah terhadap mesin, ada banyak hal penyebabnya. Tak jarang bagi orang yang awam dengan mesin motor pasti menjadi bingung atau justru ga sadar. Apalagi motor jenis injeksi kok keluar asap, wah harus diteliti. Mengidentifikasi knalpot motor ngebul keluar asap tidak gampang jika bukan orang yang banyak pengalaman dengan mesin.

Jenis ngebul pun ternyata berbeda-beda contohnya;
Ngebul pas dinyalian pertama di nyalakan atau pas pagi hari, tapi ketika sudah jalan tidak ngeluarin lagi.
Ada juga saat digeber untuk masuk gigi selanjutnya keluar asap hitam tapi setelah itu kembali normal lagi.
Dan yang paling parah keluar asap putih terus menurus seperti motor 2 tak, ini paling risih baik buat pemilik motor itu sendiri maupun pengendara lain di belakangnya.

Penyebabnya pun bisa beda-beda, saya sendiri pernah mengalami pada saat setelah servis justru jadi ngebul. Kalo gak salah ini karena busi masih basah entah kena oli atau bensin. Yang paling umum dan parah adalah lupa ganti oli sehingga ada mesin aus yang menybabkan oli bocor menuju knalpot terbakar dan menguap menjadi asap. Oli yang tidak cocok pun kadang juga bisa menjadi masalah, mulai dari performa yang menurun atau ngeluarin asap. Kalo oli udah bocor akibat piston aus, silinder rusak,  wah wah biaya perawatan bisa lumayan mahal, jangan sampai deh ini terjadi.

Untuk lebih jelasnya kami jelaskan panjang lebar di penyebab dan solusi motor ngebul

Detail Modifikasi Yamaha Byson

Modifiasi Yamaha Byson cukup familiar digemari bikers Bison karena bodinya yang terbilang keren dan garang dibanding dengan 150 yang lain. Bisanya style moge dengan fairing dan berbagai custom dari yang sederhana minimalis hingga dirombak habis bisa membuat tampilan Bison lebih memikat. Yang bisa dicustom mulai dari ganti stang jepit, penambahan rem cakram belakang, knalpot racing, fairing dsb, berikut ini salah satu contoh detail modifikasi Yamaha Byson.

Headlamp diberikan cover costum model street fighter. Kemudian untuk spakbor juga diganti costum model kawasaki ER-6n dan dipadu vleg V-Rossi 3 inci dengan ban IRC 100/80. Selain itu untuk melengkapi bagian depan ini juga dipasang spion Jupiter Mx.

Bagian tengah disematkan DeltaBox  dan cover engine costum. Sedangkan untuk tangki dan shroud juga costum model Suzuki GSR. 

Body costum model Suzuki GSR, spakbor costum model Suzuki GSR yang dipadu dengan vleg V-Rossi 4,5 inci dibalut dengan ban Dunlop Sportmax 160/60, dan ditambahkan disematkan cakram Ride It.

Knalpot costum Balu Oto Work, underbone NUI Monster Titanium. 

Pilihan Warna Yamaha YZF-R15 2014

Yamaha YZF-R15 yang telah dinanti-nanti penggemar motor moge sportbike Indonesia akhirnya benar-benar muncul dipasarkan. Kalau biasanya TZF-R15 yang muncul warna biru putih MotoGP, sekarang monggo dilihat pilihan warna Yamaha YZF-R15 2014 yang dipasarkan di Indonesia. Sebelumnya juga udah sedikit dibahas YZFR dan banderol harganya yang berkisar 30 jutaan. Saat launching R15 langsung diserbu inden pertama sudah menembus hampir seribu unit. Fantastis karena benar-benar bukti penggemar Yamaha yang sudah menanti buat rivalnya Honda CBR 150 yg terlebih dulu sudah lama mengaspal.  


YZF-R15 Warna biru putih khas seri MotoGP Yamaha yang sekarang menjadi tunggangan Rossi dan Lorenzo menjadi brand yang selalu muncul di pajangan-pajangan media 

Ada juga warna lain yaitu merah putih bagi yang ingin tampil beda.

Dan warna striping hitam emas / black gold juga terkesan beda, garang dan menawan.

Penyebab dan Solusi Motor Ngebul

Jika anda pemilik sepeda motor harus segera tanggap jika melihat knalpot motor ngebul mengeluarkan asap. Itu tanda mesin mulai tidak normal, jika dibiarkan bisa tambah parah. Kadang motor ngebul pada pagi hari saat pertama dipanasi dan ketika jalan asap sudah engga muncul. tapi ada juga yang sudah parah terus menerus ngebul saat dibawa jalan. Selain terasa tidak nyaman dikendarai, knalpot ngebul pasti akan membuang oli, karena biasanya asap putih tersebut adalah hasil kebocoran oli yang tidak normal pada mesin yang menguap terbakar menjadi asap dikelurkan melalui knalpot. Kira-kira apa penyebab dan solusi motor ngebul berasap berikut ini.

Ada dua macam ngebul pada motor. Pertama adalah ngebul yang berasap warna hitam, asap dari knalpot kalau diperhatikan warnanya hitam. Ini disebabkan karburator yang kotor atau knalpot yang udah berkerak. Kalau mau hilang, motor harus diservis, karbu dibongkar, dibersihkan total kalau perlu pakai karbu cleaner.

Ngebul yang kedua adalah keluarnya asap berwarna putih dari knalpot. Ini harus mendapat perhatian khusus karena artinya komponen daleman (bukan celana daleman) motor sobat sudah aus.

4 penyebab dan cara mengatasi knalpot ngebul

Volume oli yang berlebihan
Setiap produsen sepeda motor telah menetapkan kapasitas mesin dalam menampung oli. Bila ada pemilik motor yang ingin menambah volume oli ke mesin dengan dalih agar gesekan antar komponen mesin tidak terjadi, hal itu justru salah. Sebab oli yang melebihi takaran rawan masuk ke ruang bakar, terutama di saat mesin sudah panas dan oli semakin encer. Akibatnya, oli yang masuk ke ruang bakar ikut terbakar saat proses pembakaran terjadi. Hasilnya, asap pekat keluar dari knalpot.

Seal klep bermasalah
Semua motor yang bermesin empat tak dilengkapi klep. Klep berfungsi untuk mengendalikan gas buang dan masuk ke ruang bakar yang akan bercampur dengan bahan bakar minyak (BBM) yang telah disemburkan dari injektor atau karburator. Jika klep itu sendiri aus atau rusak, maka oli yang melumasi piston akan merembes ke ruang bakar. Akibatnya, rembesan pelumas itu ikut terbakar saat proses pembakaran dan menimbulkan asap pekat dari knalpot.

Untuk mengatasi masalah itu mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru. Sebab bila tidak permasalahan tidak akan pernah selesai karena peranti yang sudah aus tidak bisa digunakan lagi.

Piston dan ring piston aus
Ring piston ada dua jenis, yaitu ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Bila keduanya rusak atau aus, selain menyebabkan kemampuan kompresinya menurun sehingga performa mesin loyo juga menyebabkan oli merembes ke ruang bakar, khususnya ring piston oli. Ring oli ini hanya terdapat di motor mesin empat tak, Sebab, pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.

Bila ternyata silinder masih bagus, tetapi piston dan ring piston telah aus, Anda harus mengganti keduanya.

Liner silinder tergores
Komponen ini terdapat di bagian blok mesin yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam silinder blok dari gesekan piston. Pada saat mesin dinyalakan dan kepala piston yang bergerak maju-mundur atau naik-turun bisa menimbulkan goresan pada liner silinder. Luka gores tersebut menjadi celah bagi oli mesin untuk masuk ke ruang bakar. Ini menyebabkan saat mesin dinyalakan dan proses pembakaran terjadi, oli ikut terbakar sehingga menghasilkan asap pekat.

Untuk mengatasi hal itu, harus dilakukan penambahan ukuran atau istilah di kalangan penggemar modifikasi adalah oversizing. Namun, proses tersebut juga harus dibarengi dengan penggantian piston dan ring piston.
Back to top