-

Tips untuk Karburator Sepeda

Merawat karburator yang baik identik dengan servis ringan. Hal ini pun pasti sudah dipahami semua pemilik kendraan yang sudah beberapa kali ke bengkel untuk servis ringan atau ganti oli. Ternyata...sering membuka karburator untuk dibersihkan atau diservis justru tidak baik. Disebabkan dari keseringan servis ringan yang tentunya pasti membongkar bagian karburator. Lalu bagaimana baiknya ...next tips untuk karburator

Tips Merawat Karburator Motor

Saya tidak membagi tips cara merawat karburator dengan cara membongkar karbu, karena rentan jika dilakukan seseorang yang belum mahir, lebih baik bersama teknisi bengkel yang sudah profis.

Kenapa sering membuka karburator adalah tindakan yang salah ? Alasannya, sering bongkar bisa bikin derat baut-baut rusak bahkan dol. Selain itu, karet sil jadi cepat longgar. Jika ada kejadian parah, seperti kemasukan kotoran debu atau air, setting karbu itu gak cepat berubah. kecuali di utak-atik sembarangan. Nah apalagi dibongkar-bangkar sendiri, kecuali memang sudah mahirs bongkar sendiri untuk alasan oprek karbu untuk drag...

Lalu bagaimana jiak sudah saatnya servis, kalau pengalaman saya dan teman-teman lebih baik servis bongkar karburator setiap 3 bulan sekali. Yang sangat penting dilakukan adalah ganti olinya, harus dilkukan setiap 2000 km atau rentan waktu 5-6 minggu, tergantung penggunaan. Telat ganti oli sangat berbahaya, banyak nantinya komponen mesin yang bisa rusak, yang paling fatal adalah secher mesin.

Jika tidak ada masalah atau keperluan khusus di karbu, sudahlah jangan diotak-atik itu karbu,  baik dari stasioner atau tekanan anginnya. Apalagi jika motor baru, jarang sekali kan ada masalah di karburator. Sekali lagi yang jangan dilupakan adalah ganti oli. Jadi lebih murah kan ente ke bengkel cuma untuk ganti oli, lumasi rantai dan air accu, lebih murah kan.?





Ditulis Oleh : Aldofla ~

Anda sedang membaca artikel berjudul Tips untuk Karburator Sepeda yang ditulis oleh Blog Motor ID yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Back to top