Memilih Oli Motor yang Bagus dan Tepat


Memilih Oli mesin motor harus jeli, walaupun bisanya sudah disarankan  oleh dealer. Namun, mungkin  saja jika motor sudah berumur jadi beralih mengunakan oli sembarangan. Jangan sampai memakai oli yeng tidak cocok dengan mesin.  Meskipun bengkel udah tahu, namun kita juga harus tahu oli mesin sepeda motor yang  bagus untuk jenis motor kita itu lebih baik. Saat ganti oli pasti teknisi bengkel pasti menanyakan oli yang dipakai, jangan sampai kita sebagai pemilik motor malah tidak tahu

Pentingnya memilih oli yang cocok untuk motor

Sebagai pelumas, oli membuat gesekan antar komponen dalam mesin menjadi lebih halus dan memudahkan mesin mencapai suhu kerja yang ideal. Oli juga bertindak sebagai fluida yang memindahkan panas ruang bakar ke bagian lain dari mesin yang lebih dingin.

Melihat fungsi penting dari oli, maka perlulah kita mengetahui bagaimana cara memilih oli yang tepat untuk mesin sepeda motor kita agar mesin sepeda motor bekerja secara optimal dan lebih awet tentunya.

Kekentalan faktor utama oli mesin

Jangan sembarangan menggunakan oli tanpa memeperhatikan factor kekentalan. hal ini berpengaruh dan berkaitan pada ketebalan oli dan resistensinya untuk mengalir.di ruang mesin. Kekentalan oli juga berfungsi melindungi gesekan antar permukaan logam. 

Oli harus mengalir ke seluruh ruang mesin, semakin kental oli maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih tebal dan akan memberi resitensi berlebih. Oli kental tidaklah cocok untuk motor baru karena akan berpengaruh pada kualitas gerakan pada mesin motor. 

Kekentalan oli diukur tersendiri oleh Society of Automotive Engineers (SAE). Bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti 5W (Winter) menunjukkan pada suhu dingin oli bekerja pada kekentalan 5 dan pada suhu terpanas akan bekerja pada kekentalan 30.

Oli yang cepat panas pada suhu rendah berarti memiliki kekentalan rendah. Jika anada melihat SAE yang lebih rendah berarti kekentalannya rendah. Mungkin inilah cara paling mudah untuk mengenali oli yang cocok untuk anda. Merek oli motor bukan menjadi patokan. 

Coba anda perhatikan, hampir semua merek motor mengeluarkan oli dengan SAE yang bervariasi, artinya anda dapat menggunkan berbagai macam merek. Mau oli buatan local atau oli yangh dibuat oleh produsen luar. 

Untuk mengetahui jenis oli aopa yang paling tepat untuk jenis motor sesuai SAE anda silahkan baca Oli Mesin Motor Untuk Berbagai Jenis Motor



0 komentar:

Post a Comment