Menentukan BBM Cocok Sesuai Kompresi


Kompresi mesin motor pasti berbeda-beda kalau kita teliti di bagian spesifikasi motor. Intinya bagi para bikres lebih pada penggunaan BBM, ya! kompresi menentukan jenis BBM yang cocok, yang lagi populer adalah rasio kompresi Vixion, Vario danSatria Fu yang mempunyai kompresi di atas 10. Mari bahas menentukan BBM cocok sesuai kompresi.

Permium, Pertamax atau pertamax Plus? Tau gak si kalo pemilihan BBM yang baik itu harus disesuaikan dengan rasio kompressi pada motor kita, kenapa? karena kompresi inilah yang terkait dengan nilai oktan bahan bakar.

Rasio kompresi adalah 

Perbandingan volume ruang bakar saat piston di titik mati bawah (TMB ; ketika piston berada di titik paling jauh dari kepala silinder) dengan volume ruang bakar saat titik mati atas (TMA ; ketika piston berada di titik paling dekat dari kepala silinder). Semakin besar perbandingan rasio kompresi maka saat piston berada di TMA akan memiliki tekanan dan suhu yang semakin besar pula. Efek baik lain ketika anda memakai bahan bakar yang sesuai selain peforma mesin maksimal adalah ketika anda memberi bahan bakar yang sesuai, maka pembakaran pun sempurna, sehingga otomatis lebih atau bahkan jauh lebih irit, serta mesinpun jadi awet.

Ketahanan bahan bakar terhadap suhu dan tekanan tertentu sebelum terbakar perlu diperhitungkan supaya bahan bakar tidak terbakar terlalu cepat atau terlalu terlambat. Bila pembakaran terjadi terlalu cepat maka piston akan mendapat hentakan gaya dari 2 arah yaitu putaran mesin dan ledakan terlalu cepat tadi, efek jangka panjangnya piston bisa cepat rusak. Tapi bila pembakaran terjadi terlalu lambat maka piston tidak akan dapat dorongan sempurna ketika akan kembali ke TMB, efeknya tenaga mesin jadi loyo. 

Pembakaran terlalu cepat juga membuat mesin jadi loyo, karena piston selalu berada dalam kondisi mendapat tekanan dari 2 arah yang berlawanan (namun tidak ekstrim, karena memang akan tetap lebih besar gaya dari putaran mesin, namun gaya dari pembakaran terlalu cepat meskipun lebih kecil, maka secara akumulatif akan mengganggu kinerja dari mesin itu sendiri.

Untuk Yamaha V-Ixion, dia punya rasio kompresi 10,4:1, jadi bahan bakar yang cocok itu adalah Pertamax, yang rentangnya di 10:1 hingga 11:1. Minimal pake Pertamax yang rentangnya 9:1 hingga 10:1, meskipun masih tidak sesuai, setidaknya rentangnya tidak melompat terlalu jauh ketimbang Premium yang rentangnya di 7:1 hingga 9:1.

Tapi selama ini kebanyakan pake premium, jelas masalah budget konsumen, toh namanya mesin pasti ada rusaknya. Eh setidaknya menerapkan BBM sesuai kompresi pasti lebih bagus. Pernyataan dari para pengguna pertamax untuk Vixion bahwa tarikannya lebih enteng dan lebih irit.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Post a Comment

Previous Post Next Post