Merawat Bodi Motor Agar Selalu Mengkilap


Supaya cat bodi motor selalu  mengkilap, selain rajin  mencuci juga ada tips sederhana untuk merawat bodi motor agar selalu mengkilap. Cat bodi semakin lama otomatis semakin kusam akibat lingkungan, bisa disebabkan goresan, sabun, air hujan dsb. Untuk mendapatkan warna cat motor agar tetap mengkilap diperlukan ketelatenan dalam merawatnya. Sebelumnya perhatikan dulu bebrapa hal: 

Penyebab cat bodi jadi kusam

Proses pencucian motor yang kurang baik dapat menimbulkan kerusakan pada cat motor, seperti penggunaan sabun untuk mencuci yang kurang cocok. Sabun colek atau detergent dibuat khusus untuk menghilangkan noda/kotoran pada kain sehingga kandungan zat-zat kimianya pastilah sangat keras dan bisa merusak cat motor. Selain itu sabun colek atau detergent juga sulit larut dalam air, sehingga sisa sabun yang terbawa sponge beresiko menyebabkan gores/lecet pada permukaan cat. 

Cara merawat cat bodi motor 

Selalu gunakan shampoo motor ketika mencuci motor, karena zat-zat kimia yang digunakan telah disesuaikan agar tidak merusak warna cat.

Sebaiknya gunakan chamois/kanebo yang bersih untuk mengeringkan motor agar permukaan cat tidak gores dan kering dengan sempurna karena proses pengeringan yang tidak sempurna juga dapat membuat cat motor kamu menjadi rusak, bercak air yang tertinggal bisa menyebabkan timbulnya noda air dan jamur yang nantinya sangat sulit untuk dihilangkan

Hindari parkir di area terbuka (tanpa atap) dalam waktu yang lama, karena terik sinar matahari, air hujan, dan embun bisa membuat warna cat motor kamu menjadi kusam dan bisa menimbulkan karat pada bagian motor yang terbuat dari logam.

Jangan terlalu sering mengunakan cairan khusus untuk mengkilapkan body motor, bila terlalu sering lama-kelamaan lapisan cat pada body motor kamu akan terkikis sehingga warna cat akan menjadi pudar atau luntur.

Kadang seringkali merasa malas untuk merawat dan membersihkan motor ini yang saya alami. setidaknya minimal 2 minggu sekali mencuci supaya logam-logam tidak berkarat.


0 komentar:

Post a Comment