Ciri-Ciri Kampas Rem Habis


Ciri/tanda kampas rem habis, terutama pada rem  teromol perlu dibuka untuk memastikannya, sedangkan rem cakram keadaan kampas bisa dilihat langsung. Sangat penting menggantik kampas rem yang sudah habis karena jika dipaksakan, bisa bikin teromol atau cakram baret. Alhasil, lapisan teromol berkurang atau diameter teromol jadi makin mekar.Berikut ini ciri-ciri kampas rem habis.

Kampas rem yang tipis atau sudah habis bisa diketahui melalui kerja rem teromol atau cakram. Tentu tanpa harus buka dan lihat kondisi kampas di kaliper atau teromol.

Untuk mengetahui melalui rasa, ciri-cirinya bisa dirasakan kalau posisi tuas rem semakin dalam saat di tekan. Apalagi pada saat tuas di tekan, tunggagan sedikit mengeblong kalau nggak kuat menekannya. Artinya saat rem ditekan sudah tidak pakem lagi.

Untuk rem tipe teromol, indikator kampas rem mulai tipis bisa dilihat dari permukaan kampas yang bentuknya melengkung. Kalau permukaan bagian paling atas sudah tipis (tidak melengkung lagi), dan ketebalannya mendekati jarak 1,5 mm ya segera diganti. Di khawatirkan besi kampas akan bersingungan dengan teromol.

Jika ga mau repot bisa minta bantuan bengkel untuk membuka teromol dan mengecek. Selain itu jika belum habis, bisa sekalian dibersihkan debu di sekitar teromol yang kadang menimbulkan suara rem berisik. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, paling tidak bro tahu tanda-tanda jika kampas rem habis.

No comments:

Post a Comment

.