Penyabab Bunyi Decitan Rem Motor



Mengalami masalah rem motor berbunyi atau berdecit, tentu saja membuat risih, lalu apa penyebabnya? Biasa jika habis terkena air, keadaan rema basah kemudian timbul  bunyi tikus. Selain karena air, juga kotoranyang masuk bersaama air ikut andil besar menjadi penyabab bunyi decitan rem motor. Akan menjadi masalah jika selain berbunyi berisik, rem menjadi kurang pakem, bisa jadi kampas rem sudah mulai tipis.

otopartshop.com. Untuk mencegah bunyi tikus terjadi, Ari Wibowo yang bukan aktor ini, punya beberapa tips. “Tips pertama, setelah motor digunakan di bawah hujan atau terkena air hujan bercampur kerikil atau pasir, sebaiknya langsung disiram menggunakan air agar kotoran tidak menempel dan bersarang di sela-sela kampas atau kaliper,” jelasnya.

Bila sudah terlanjur kotoran menempel cukup lama dan enggak melakukan tips pertama, sebaiknya lakukan pembongkaran. Karena selain bunyi sistem pengereman lama-lama akan terganggu dan merusak permukaan kampas dan cakram. Untuk membongkar keseluruhan komponen, lepas dulu komponen kaliper.

Setelah dibongkar, bersihkan kampas rem depan menggunakan ampelas atau sikat kawat yang lembut agar kotoran terbuang. Terutama bersihkan komponen piston dan rumah piston agar kinerjanya enggak terganggu.

“Setelah semua bersih, semprot menggunakan angin kompresor agar kotoran terbuang. Bila dalam kondisi musim hujan, agar enggak ribet bongkar dan memakan waktu lama, mending rajin kalau sudah hujan komponen cakram disiram air agar kotoran rontok"

No comments:

Post a Comment

.