Cara Memainkan Kopling Manual yang Baik

Blog  Motor ID - Bro bikers penunggang motor sport pastinya lebih nyeni dan macho dengan mamakai kopling manual . Tapi perlu dipahami cara memainkan kopling manual yang baik, supaya kopling awet tidak cepat hangus atau habis seperti yang dikeluhkan beberapa bikers. Apalagi komponen satu ini tergolong tidak murah dan perlu servis besar buat perbaiki kalo terjadi masalah. Bagaimana perlakuaan menggunakan kopling yang baik

Jangan suka main setangah kopling karena malas pindah gigi rendah. Biasanya di jalanan macet, tikungan atau tanjakan. Main tekan kopling -  pindah gigi sering-sering lebih bagus, karena mesin terbiasa di rpm tinggi di gigi rendah, gan tenaga lebih besar saat gigi besar. Intinya sesuaikan gigi dengan kecepatan itu lebih direkomendasikan.

Lebih baik sering menggunakan gigi rendah dengan sedikit menarik dan melepas tuas kopling lebih cepat. Tentu dengan maksud agar power mesin mudah dikail di putaran bawah. Sehingga gesekan kampas dengan pelat tidak terlalu lama bahkan sampai menyebabkan timbulnya panas.

Biasakan juga menggunakan pelumas yang sudah direkomendasaikan pabrik. Sebab jika salah pakai pelumas atau tidak sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan, ada kemungkinan aditifnya tidak mampu melindungi kampas kopling hingga menyebabkan putaran mesin khususnya kampas kopling malah jadi gampang selip.

Khusus pengendara yang biasa setel ulang jarak bebas atau clearance tuas kopling jadi makin lebar, segera kembalikan ke posisi awal. Karena jarak ideal bebas tuas kopling itu sekitar 2 cm setelah batang tuas ditarik ke belakang. 

No comments:

Post a Comment

.