Honda CB150R VS New Vixion Lightning

Pecinta motor sport pasti banyakyang tertarik mengamati perbandingan Honda CB150R VS  New Vixion  Lightning yang keduanya keluar hampir bersamaan pada akhir 2012 lalu. Dalam membanding tentu harus menjauhkan fanatisme terhadap merek, yang artinya harus objektif. 

Harga CB150R VS New Vixion Lightning

Kedua motor  sport ini dibanderol sekitar 23- 24 Jutaan tidak ada perbedaan nyata untuk segi harga. Masalahnya kadang dealer setiap daerah mematok harga yang berbeda pula.

Desain Bodi
Dari segi desain kedunya sama-sama sporty, sebenarnya lebih pada selera masing-masing. Salah satu kelibihan CB150R adalah diberi frame trellis yang terkesan lebih kokoh. New Vixi mempunyai body belakang yang lebih ramping meruncing bersatu. Bagaimanapun desainnya, Style Yamaha tetap dibawa yaitu riding position yang lebih membungkuk khas motor sport. 

Banyak yang pro dan kontra masalah penempatan nopol milik CB150 masih biasa, sedangakn New Vixion yang ditempatkan pada headlamp banyak mendapat cibiran terlihat aneh. 

Saya sendiri melihat bodi CB150R lebih mantab dan kokoh dengan diberi frame dan pegangan jok yang tidak ada pada NVL.

Perbandingan Mesin 
Mesin Honda PGMFI, 6 Speed DOHC warisan CBR150R  sedangkan mesin Yamaha FI 5 Speed SOHC kelihatannya NVL kalah, tapi belum bisa dipastikan jika belum di tes performa, nah dibawah ini bukti  performace dari kedua motor  tersebut.

Performance
Sebelumnya sempat mengira New Vixion sangat sulit untuk mengimbangi CB150R, mengingat kubikasi yang diusung keduanya sama persis tetapi CB150R bertipe DOHC. Tapi rupanya Yamaha mampu menjawap tantangan Honda, setelah spesifikasi keluar, terungkap bahwa power dan tordi keduanya terpaut tipis saja. Power CB 150R 17PS @10.000 Rpm dengan torsi 13,1 Nm @8000 Rpm, Sementara New Vixion diklaim memiliki power 16.59PS @8500Rpm dan torsi 14,5 Nm @7500Rpm.

Tetapi spesifikasi versi pabrikan tersebut bukan tenaga yang terukur on the wheel, untuk urusan yang satu ini rupanya tenaga puncak yang dihasilkan oleh New Vixion sedikit lebih baik dari CB150R. Setidaknya begitulah hasil dyno test yang dilakukan beberapa bengkel independen dan dipublikasikan ke dunia maya. Diantaranya data dyno test ultra speed menunjukkan power CB150R On the Wheel  14.02HP  @10210 Rpm sementara New Vixion justru lebih unggul dengan Power  14.32HP @8224 Rpm.

Konsumsi bahan bakar  sama yaitu 45 - 55 Km/L tergantung cara riding bikers untuk bisa membuat irit konsumsi bbm. Kedua motor inidire komendasikan dengan bahan bakar pertamax.

Faktor lain
Pada awal-awal penjualan justru mucul masalah mesin CB150R  Streetfire berbunyi klotok-klotok,  dan maslaha New Vixion pada headlamp. Tapi sekarang masalah itu sudah diperbaiki oleh kedua pihak.

No comments:

Post a Comment

.