Oli Mesin Motor Untuk Berbagai Jenis Motor

 Oli mesin merupakan bagaian kecil dari motor tapi sangat penting , hal yang mudah tetapi sangat vital untuk melindungi mesin. Penggunaan oli motor biasanya disesuaikan karakter mesin motor.
Disini akan membahas tentang  jenis-jenis oli motor untuk karakter jenis mesin motor


1. Oli mesin jenis tipe motor 2 tak
Untuk Sepeda motor 2 tak sudah tersedia jenis2 oli khusus biasanya juga memakai oli samping ini karena pergerakan piston tergantung pada oli samping bersamaan bensin untuk melumasi. Jenis oli samping yang mengandung castor seperti motul 510 2T / Shell advance vsx 2T sangat cocok. Karena oli tersebut tetap cair di suhu mesin yang tinggi pada putaran atas. Kode oli yang pas biasanya 20w-50, untuk sport bisa 10w-40 oli ini lebih encer.

2. Oli mesin jenis motor tipe matic
Motor matic agak berbeda dengan motor manual sistem mesinnya . Jika oli mesin motor  motor melindungi tiga area penting yaitu mesin, gearbox dan kopling. Sedangkan motor matik menerapkan sistem yang beda dengan motor manual. Kalau dicari-cari kopling dan gearboxnya motor matik, ya…sistem CVTnya itu. Tau sendirikan CVT itu pakai sistem kering, alias tanpa pelumasan. Jadi motor matik hanya perlu oli di area mesin, yaitu area kruk-as, setang piston dan sekitarnya.

Terus apa bedanya? Yang jelas oli matik ini lebih licin n encer dari oli motor biasa. Oli yang cocok khusus tipe matic ini berlisiensi JASO MA, artinya low-friction karena tidak melumsi kopling. Dan kebanyakan kekentalannya menggunakan SAE 10-40.

Karena motor matik yang tidak perlu melumasi kopling dan cenderung bermain pada putaran tinggi terus, dengan menggunakan oli yang lebih licin dan encer maka oli lebih cepat bersirkulasi dan dapat mengrangi panas akibat gesekan. Akan tetapi ini tidak berlaku untuk sebaliknya. Dapat dipastikan jika motor bertransmisi manual tidak dapat memakai oli khusus matik ini. Karena kopling akan mengalami slip karena sifatnya yang low-friction tadi. ( diambil dari www.temanmatik.blogspot.com)

3. Oli mesin jenis motor tipe bebek manual
Untuk oli mesin motor bebek manual tidak terlalu dipermasalahkan sudah banyak di pasaran dengan berbagai macam harga. Ada jenis oli smineral dan sintetik tentunya oli jenis sintetik labih bagus daripada mineral oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral juga lebih tahan panas oleh karena itu oli sintetis harganya lebih mahal dari mineral, oli 800 ml sintetis sudah banyak dipasaran seperti Top 1, enduro 4t 800 ml, dengan kode 20w-50. Oli mineral yang bermerek biasanya juga bagus tergantung selera dan kecocokan karakter motor masing-masing.

4. Oli mesin jenis motor tipe kopling manual
Pada umumnya motor kopling manual menggunakan oli mesin 1 L . Kode yang direkomendasiakan para bikers minimal API SG/SF atau lebih baik JASO MA. Jenis oli yang bagus disertai anti slip kopling karena kopling hal yang vital untuk motor laki-laki ini. Sekedar info saja untuk motor produksi di bawah 2005 oli kode API SG/SFmasih bagus dengan vikositas 20w-50 seperti  prima xp, federal dll, untuk motor keluaran diatas 2005 kode API SL/JASO MA lebih disarankan seperti  repsol, Shell Advance SX4, Shell Advance VSX dan Enduro 4T racing, oli-oli ini umumnya 10w-40 jadi lebih encer. Dari segi harga, oli bervikositas 10w-40 lebih mahal harganya diatas Rp 40.000,00

 peduli masalah motor

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

5 Comments

  1. Biar lebih gahar pake oli ini nih gan.. Biar bisa lepas semua power yang ada di motor...

    http://www.youtube.com/watch?v=xPFckIKt8zg

    ReplyDelete
    Replies
    1. castrol mantab, tapi lumayan mahal, iklan ini paling suka lihat cetahnya

      Delete
  2. Gan, ane mo tanya dunk masalah oli

    Gini, motor ane Karisma 125D 2003, ane mo nanya kalo motor ane dipake oli encer SAE 10W-40 semi sintetis sebenernya boleh ga sih? Emang di buku manualnya oli yang disaranin oli ber SAE 20W-50 (oli kental)

    Ane pernah baca kalo oli encer itu untuk tarikan mantap, irit BBM namun kurang pada aspek perlindungan mesin, sedangkan oli kental bagus untuk perlindungan mesin cuman berat and boros BBM
    Yang pengin ane tanyain, sebenernya oli encer itu kurang dalam aspek perlindungan mesin itu gimana sih gan? Apa motor2 yang memakai oli encer ini akan lebih cepet "rusak" dibandingkan dengan yang pake oli kental? Lalu gimana dengan oli yang 100% sintetis misal motul h-tech 100 ato shell advance ultra, itu kan 10W-40 tapi karena oli encer maka sama aja dunk akan cepet "rusak"?

    Ane nanya gini coz ane agak kesulitan kalo harus pake oli kental coz pilihannya sedikit

    Tolong dijawab ya gan, blog ente ane bookmark wat liat reply nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin encer oli, artinya semakin mudah melumasi sela-sela sempit yang biasanya adalah mesin motor-motor sport diatas 125cc.

      Untuk masalah cepat panasnya mesin, oli 20w-50 lebih tahan panas, dan oli sintetik lebih tahan panas daripada non sintetis.

      Kalau khsrisma di sarankan pakai 20w-50 itu artinya motor ente lebih cepat panas, jelas saja jika pakai yg encer kurang bagus untuk mesin, seprti yang ente katakan

      Saran ane coba oli full sintetis Enduro 4t 20w-50, coz temen ane pake supra 125 tarikannya kenceng pake oli itu

      coba baca disini tentang oli Enduro
      http://pedulimotor.blogspot.com/2011/12/perbedaan-oli-motor-enduro-4t-dan.html

      Delete
  3. Kalo revo absolu cw min...
    Yg tepat apa olinya...

    ReplyDelete
Previous Post Next Post