Sebab-Sebab Knalpot Nembak

Knalpot sepeda motor nembak mungkin bro/sis pernah atau sedang mengalaminya yang pasti bikin risih. Beberapa tahun lalu suara "door dorr" dari knalpot kerap terjadi pada Yamaha Mio. Nah.. jika motor sedang mangalami masalahi ni, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab knalpot sepeda nembak dorr-dorr. Mungkin ini nih biang kerokknya yang bikin resah

 5 sebab bunyi ledakan knalpot

1.Masalah tergolong ringan jika disebabkan setelan angin karburator yang kurang tepat. Kemungkinan setelan angin kurang tepat ini biasanya ditandai letupan yang tak terlalu keras.

2.Jika suara letupan kerasa sekali dan terjadi dalam tempo sesekali DORRRRRR waktu deselerasi (lepas gas) yang bisa bikin jantungan, penyebabnya adalah katup AIS (Air Induction System). 
Sering terjadi kebocoran diantara perpak AIS ini jadi banyak yang sering menutup saluran ini dengan baut ataupun lem besi. Karena sedikit bocor saja maka letupan bisa terjadi.

3. Busi juga bisa menyebabkan suara knalpot nembak, jika busi yang dipakai di motor sudah mau mati. Gejala ini bisa muncul ketika baru menghidupkan motor, baik itu pakai elektrik starter atau engkol. Bukannya mesin hidup setelah pencet tombol starter, eh, malah suara ledakan yang timbul. Biasanya, itu karena elektroda busi sudah terlalu basah atau banyak kerak

Jika busi terus dipakai, gejala seperti ada kerusakan di part suplai udara bersih juga bisa terjadi. Campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar jadi tak sempurna. Ledakan bisa timbul juga jika pilot-jet karbu kurang besar dari yang dibutuhkan.

4. Ada kerusakan di part penyuplai udara bersih ke ruang bakar. Ditandai  suara tak enak didengar bakal timbul ketika sedang berakselerasi dan tiba-tiba gas ditutup penuh secara spontan. Maka ketika rpm mulai turun, akan timbul ledakan dari knalpot. Part yang di tiap pabrikan motor memiliki nama berbeda ini, memiliki karet dan per di dalamnya.

5. karburator model vakum atau beken disebut VC alias Velocity Constanly. Begitunya skep digerakan oleh karet yang mengandalkan kevakuman. Jika karet aus, proses kevakuman jadi tak sempurna. Ini bisa menyebabkan tarikan jadi mbrebet dan parahnya bisa timbulkan suara ledakan jika gas ditutup setelah berakselerasi. Untuk itu, jangan sembarang rawat karet atau sampai terkena bensin langsung.

Itulah beberapa analisis penyebab knalpot motor nembak, sebaiknya seger di cek ke bengkel untuk segera diatasi atau di servis, takutnya malah ada mesin yang jadi rusak makin parah.

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

Post a Comment

Previous Post Next Post