-

Sebab-Sebab Knalpot Nembak

Knalpot sepeda motor menembak mungkin bro/sis pernah menglaminya. 2 tahun lalu suara door dorr dari knalpot kerap terjadi pada matic mio. Nah.. jika sedang motor sedang mangalami masalahi ni, apa penyebab knalpot sepeda nembak dorr-dorr.Mungkin ini nih biang kerokknya yang bikin resah

4 sebab bunyi ledakan knalpot


1.Penyebab masalah ringan jika setelan angin karburator yang kurang tepat,tapi dari kemungkina setelan angin adalah sedikit.Jika ini masalahnya, ditandai letupan yang tak terlalu keras

2.Jika suara letupan kerasa sekali dan terjadi dalam tempo sesekali DORRRRRR waktu deselerasi(lepas gas) yang bisa bikin jantungan, penyebabnya adalah katup AIS(Air Induction System)pada motor Yamaha.  

Sering terjadi kebocoran diantara perpak AIS(lihat huruf B) ini jadi banyak yang sering menutup saluran ini dengan baut ataupun lem besi.Karena sedikit bocor saja maka letupan bisa terjadi.

3. Busi juga bisa menyebabkan suara ledakan! jika busi yang dipakai di motor sudah mau mati ya. Gejala ini, bisa muncul ketika baru menghidupkan motor. Ya, baik itu pakai elektrik starter atau engkol. Bukannya mesin hidup setelah pencet tombol starter, eh, malah suara ledakan yang timbul.Biasanya, itu karena elektroda busi sudah terlalu basah atau banyak kerak

Jika busi terus dipakai, gejala seperti ada kerusakan di part suplai udara bersih juga bisa terjadi. Campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar jadi tak sempurna. Ledakan bisa timbul juga jika pilot-jet karbu kurang besar dari yang dibutuhkan. Gejala timbul ketika berakselerasi.

4. Jika ada kerusakan di part penyuplai udara bersih ke ruang bakar. Gejalanya suara tak enak didengar bakal timbul ketika sedang berakselerasi dan tiba-tiba gas ditutup penuh secara spontan. Maka ketika rpm mulai turun, akan timbul ledakan dari knalpot. Part yang di tiap pabrikan motor memiliki nama berbeda ini, memiliki karet dan per di dalamnya. “Jadi baiknya pastikan AIS (Air Secondary System; red) berfungsi sempurna,” 

5. karburator model vakum atau beken disebut VC alias Velocity Constanly. Begitunya skep digerakan oleh karet yang mengandalkan kevakuman. Makanya, jangan biarkan karet tersebut aus. Boleh dibilang, karet ini cukup sensitif .

Jika karet aus, proses kevakuman jadi tak sempurna. Ini bisa menyebabkan tarikan jadi mbrebet dan parahnya bisa timbulkan suara ledakan jika gas ditutup setelah berakselerasi. Untuk itu, jangan sembarang rawat karet atau sampai terkena bensin langsung.





Ditulis Oleh : Aldofla ~

Anda sedang membaca artikel berjudul Sebab-Sebab Knalpot Nembak yang ditulis oleh Blog Motor ID yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

1 komentar:

Back to top