Tips Berbagi Pengalaman Motor Matic Kuat di Tanjakan Tinggi

motor matic kuat di tanjakan

Saya membawa motor matic di jalan tanjakan dengan Yamaha Mio sporty tahun 2008 pada tanggal 22 Mei 2022 ke pantau Pok Tunggal Gunungkidul, kemudian 26 Mei 2022 ke wisata Telaga Madirda Ngargoyoso. Kedua jalur wisata ini cukup menanjak dan berkelok-kelok untuk membuktikan bahwa Mio 2008 ini mampu melalui jalan tanjakan. alhamdulillah lancar, tidak ada kencdala dan motorpun kuat.

Tentu saja matic lawas tahun 2008 yang hanya 110 cc ini saja mampu melewati jalan tanjakan curam di area wisata Ngargoyoso Tawangmangu sudah seharusnya matic keluaran terbaru harsunya lebih kuat melibas jalanan tanjakan. 

Pabrik motor di Indonesia seharusnya sudah paham tipikal jalanan di perkampungan negeri ini yang mayoritas masih jalanan naik turun dan geronjalan, belum semuanya mulus dan lurus layaknya di kota-kota besar. Di Bandung saja banyak jalanan tanjakan, sudah seharusnya semua spesifikasi motor sudah memenuhi syarat melewati tanjakan curam.

Gas kuat, tahan jangan sampai kehabisan gas, lalu tahan dan jalan nanjak pelan-pelan

Kasus kebanyakan tidak kuat nanjak adalah panik saat motor mulai pelan saat nanjak, kemudian buru-buru menambah gas. Hal ini justru menyebabkan rpm terlalu tinggi tidak sesuai dengan kecepatan laju sehingga malah mati.

Seharusnya tahan gas terus saja jalan naik dengan pelan-pelan, jangan sampai mesin terlalu "gereng" atau rpm terlalu tinggi. Kalau bisa malah kurangi gas lalu tambah sedikit, rasakan suara mesin tetap stabil dan roda tetap kuat menanjak naik. 

Apakah perlu ancang-ancang gas dari jauh?

Tidak perlu, cukup tancap gas lalu tahan asal motor tetap jalan naik pelan-pelan. Kebiasaan mengambil ancang-ancang di tanjakan menyebabkan kepanikan saat kondisi tanjakan ramai macet dimana pengendara susah mengambil ancang-ancang untuk melaju.

Motoran di tanjakan dengan cara digas jalan naik pelan-pelan justru menguntungkan di berbagai kondisi jalan, selain bisa terus jalan naik, juga lebih aman saat jalan kondisi macet. 

Keyakinan Pengendara

Anda harus yakin bahwa motor matik yang dibawa kuat dibawa nanjak. Kerana kurang yakin akan menyebabkan kepanikan di tengah tanjakan saat merasa motor semakin berat. Padahal selama motor masih kuat jalan, terus gas pelan-pelan dan harus tetap tenang. 


Kurang yakin saat nanjak biasanya menyebabkan pengendara mengerem motor karena takut mundur. Akibatnya motor berhenti mendadak di tengah tanjakan. Kemudian membetot gas hingga habis justru kesalahan, karena ketinggian rpm mesin yang tidak sesuai dengan putaran roda. 

Nah itu dia tips yang saya sendiri sudah membuktikan lancar membawa matic Mio tahun 2008 di tanjakan. 

No comments:

Post a Comment

.