Masalah Cylinder Head Gasket Rusak


Sering terjadi silinder mengalami kebocoran kompresi sehingga menyebabkan kebocoran pada gasket itu sendiri. Masalah ini biasanya terjadi pada kepala silinder yang terbuat dari alumunium yang lebih ringan dari besi. Jika cilender head gasket ini mengalami kerusakan akan terjadi beberapa masalah pada mesin motor.

Jika cylender head gasket rusak akan terjadi kehilangan kompresi yang menjalar pada penurunan power, mesin menjadi kasar dan sebagainya. Bisa juga terjadi gas buang yang masuk ke sistem pendingin, membuat mesin mengalami overheating. Coolant juga bisa masuk ke silinder sehinggga akan merusak komponen dalam. Jika gasket benar-benar jebol apalagi cairan coolant masuk ke dalam silinder, mesin dapat rusak total.
 
Adanya Kantung Udara
Kerusakan cylinder head gasket kadangkala terjadi karena kekurangan kompresi yang menyebabkan timbulnya ruang antara gasket, kepala silinder dan blok silinder, yang kemudian menjebak udara di dalamnya. Udara ini akan keluar saat mesin mati, tetapi juga melepas cairan pendingin, menciptakan kantung-kantung udara


Test Kebocoran
Test kebocoran dilakukan dengan melihat dari tekanan kompresi dengan media ukur presure gauge. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya gas pembakaran di sistem pendingin atau radiator. Oli yang tercampur dengan coolant, adanya karbon monoksida di tangki pendingin juga bisa menjadi ciri adanya masalah gasket. Terjadinya kerusakan gasket dalam mesin dengan pendingin air juga bisa dilihat dengan adanya cairan mirip mayonise.


Sumber Oto Trend edisi 555 Minggu 1 Januari 2012

1 comment:

  1. ini masalah pada motor yang pake radiator ya..

    ReplyDelete

.