(YMJet-FI )Teknologi Injeksi Yamaha

           
Yamaha mengenalkan teknologi injeksi bahan bakar dengan sebutan YMJet-FI (Yamaha Mixture JET- Fuel Injection). Yang rencananya akan diterapkan pada varian motor Yamaha di tahun 2012 ini. Pak Eko Prabowo, GM Marketing PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) pada worksop Injeksi warung Yamaha mengukapkan ‘’ Teknologi motor Yamaha ke depannya semua menggunakan teknologi injeksi’’

YMJet-FI tentu terdapat perbedaan dengan sistem injeksi Yamaha Vixion yang pertama kali diluncurkan pada 2007 lalu. Ada 3 hal penting. Pertama Air Assist Passsage yang memiliki dua jalur udara, yang kedua kini dilengkapi dua throttle valve ketiga, posisi injector sudutnya langsung mengarah ke ruang bakar jelas Abidin, Asisten GM Service PT YMKI. Perubahan ini bikin tenaga meksimal dan emisi gas buang lebih ditekan. Paling penting lagi, bahan bakar bisa lebih hemat di atas 30 persen.

Mekanisme  dua saluran udara yang berbeda itu mengalir lewat Main Intake Passage dan Air Assist Passage. Air Assist Passage digunakan saat motor dalam keaadaan stasioner atau rpm rendah, yang diharapkan pembakaran saat mesin stasioner  lebih efisien

Throttle body memiliki dua katup, kedua klep udara ini diatur oleh putaran selongsong gas di stang. Ketika gas ditutup atau pada putaran rendah, hanya katup pertama yang terbuaka. Baru ketika membutuhkan tenaga lebh putaran gas dibuka lebih dalam, katup kedua di throttle terbuka lebar. Uadara akan akan masuk seperti biasa

 Saat rpm rendah, katup downstream menutup, klep upsteams posisisnya membuka sehingga udara masuk lewat Air Assist Passage.Saat gas dibuka, udara masuk lewat Main Air Intake Passage karena katub downsrteams terbuka’’gas bakar yang dibuat dengan cara ini akan menghasilkan efisiensi tinggi’’, kata Abidin.

Sistemnya berbeda dengan semburan bahan bakar pad V-ixion atau model injeksi konvensional yang masih berupa seperti bautiran air. Pada teknologi YMJet-FI hsil semburan seperti pengembunan, berupa asap dengan tingkat atomasi lebih kecil. Jadi saat proses pembakaran bahan bakar benar-benar terbakar sempurna.

 Dengan kelebiahan teknologi Yamaha Injeksi ini, Yamaha mengklaim teknologi injeksinya ini cocok untuk speda motor berkapasitas mesin kecil. Pastinya akan mampu menghsilkan efisiensi bahan bakar, peforma yang lebih baik dan emisi yang ramah lingkungan.


sumber majalah motorplus edisi 670/XII

2 comments:

  1. menegjar PGM-FI nya Honda nii, teknologi injeksi semakin gencar, nambahin beban teknisi bengkel

    ReplyDelete
  2. iya bener tu, sekarang gayanya injeksi, bensin irit, tapi perawatan lebih mahal, kalo untuk lingkungan yang lebih baik kayak slogan PGM-fI ya bagus

    info lengkap cek sini bos
    http://www.yamaha-motor.co.id/news/content/read/ymjet-fi-teknologi-fuel-injection-yamaha/

    ReplyDelete

.