Pilihan Jenis dan Merek Sok Belakang Variasi Motor


Mungkin beberapa kawan bikers sebagai pengemar modifikasi motor, suka menambah variasi di motor mendukung tampilan yang lebih oke, mungkin sok belakang adalah salah satu incaran. Perlu informasi jenis dan macam-macam sock belakang untuk variasi  sepeda motor untuk menentukan pilihan yang tepat untuk dibeli. Ada bebrapa  macam merek sok belakang yang ditwarkan dipasaran dengan berbagai varian. Nah disini mencoba memberikan penjelasan macam-macam dan merek sok belakng sepeda motor

Macam Pilihan Merek Sock Motor

JKTC Racing
Sock belakang tampilan menarik dengan sistem peredam kejut merek KTC Racing. Terutama cocok buat dipakai di Yamaha Mio. Memiliki ulir per berwarna merah, sok belakang ini mengusung semi progresif. Bisa dibilang semi, karena hanya sedikit ulir per yang berjarak rapat di bagian atas.
Harga yang ditawarkan Rp 800 ribu. Dapat diseting kekerasan per pantulan  jika memang dibutuhkan. Yaitu, melalui putaran ring di bagian atas per, yang terletak di atas. Semakin diputar ke arah bawah, per semakin akan smekin keras.
"Sok JKT Racing cukup banyak yang pakai. Terkadang seringkehabisan stok,” ungkap Nancy, wanita ramah dari Mulia Motor Sport (MMS) di Jl. HOS Cokroaminoto, No. 7E, Kreo, Batas, Ciledug, Tangerang. Telepon (021) 73457473.
Sayangnya, untuk pilihan warna hanya satu . Warna per merah dengan tabung sok berwarna hitam.

YOSHIMURA Z series
Sepertinya, nama Z series sudah terkenal  bagi kalangan sokbreker belakang. Sebab, sok belakang bermerek. Part yang namanya serupa merek ada dilenmgkapi saluran buang asal Jepang ini memiliki tabung sok di sisi atas.
Mengadopsi ulir per berwarna merah, menambah tampilan terlihat makin sporty. Untuk mencegah sok mentok, di sisi dalam as sok dilengkapi karet bantalan berwarna hitam. Sok ini, juga memiliki part buat seting kekerasan. Tentunya, lewat putaran ring ulir di bagian atas.
Untuk pernya sendiri memiliki karakter sok progresif. Itu terlihat dari dua ulir per yang dipakai. Model rapat lalu berganti renggang. Redaman, tergantung beben yang diterima,” sebut Alex dari Sentramotor, toko variasi di Ciledug, Tangerang yang menjual sok ini seharga Rp 250 ribu.

BHT PRO Z
Pilihan warna  disuguhkan oleh sok bermerek BHT tipe Pro Z ini. Apalagi, buat anda yang ingin tampilan kinclong di motornya. Lewat per bernuansa krom ini, tentu makin harmonis jika ada part kinclong lain yang bertengger disekitarnya.
Selain itu, tabung oli sok juga punya warna berbeda. Artinya, gak seirama per. “Ada dua pilihan warna anodize untuk tabungnya. Bisa pilih warna emas atau merah. Jadi, tinggal cocokkan saja,” sebut Johny dari Sentramotor di Puri Beta, Ciledug, Tangerang.
Sok belakang BHT PRO Rp 230 ribu ini, hanya tersedia buat matik yang aplikasi single sok. Misalnya, Mio atau BeAT. “Setel kekerasan tinggal putar ring di per bawah pakai kunci,” tambah Johny yang bisa dikontak di (021) 9358-5866.

RIDE IT Z series

Merek sok Ride IT sudah beitu terkenal dan Ride It tipe Z series. Peredam kejut ini punya tabung sok di sisi atas. “Sehingga peredam kejutnya lebih bagus dibandingkan yang berada di bawah,” tegas Jhony dari Sentramotor, toko variasi di Jl. Puri Beta Town Square, No. 11, Ciledug, Tanggerang.
Dilengkapi warna ulir per putih, sok ini bisa disesuaikan tingkat kekerasannya. Yaitu, cukup memutar cincin ring bagian atas sesuai kebutuhan.

“Kalau cincin diputar ke bawah, maka sok menjadi lebih keras. Begitu sebaliknya, kalau diputar semakin ke atas, jadi lebih lembut. Tinggal sesuaikan kebutuhannya aja,” saran pria yang punya perawakan gemuk ini.
Untuk mendapatkannya,  Harga dari sok Ride it berkisar Rp 250 ribu.

YOKO
Sokbreker bermerek Yoko ini cukup banyak ditemui di toko-toko variasi. Terutama tipe Pro-Z. Dilihat dari penampilannya, sudah pasti lebih sederhana.
Wajar jika harganya juga lumayan murah dibandingkan peredam kejut belakang lainnya. “Sok merek Yoko dibanderol dengan harga sekitar Rp 200 ribu,” tutur Alex dari Toko Variasi Sentra Motor di Jl. Puri Beta Town Square, No. 11, Ciledug, Tangerang.

Dari konstruksinya, sok ini memiliki satu jenis jarak rapat atau kerenggangan pada springnya. Sehingga, kekerasan spring hanya untuk satu kondisi.
Pada sokbreker ini dilengkapi adjuster berupa ulir yang berfungsi sebagai penyetel kekerasan pada pegas. “Penyetelannya tak terlalu sulit, cukup memutar adjuster atau ring dibawah per kearah kanan atau kiri. Pakai kunci yang disediakan,” tambah Alex .

DAYTONA

Sok belakang Daytona ini dilengkapi tabung gas berisi nitrogen. Sehingga, pemakainya bisa dilakukan. Misalnya dari per (spring preload), tinggal sesuaikan kekerasan per lewat puntiran ulir ring. Meskpun, per memiliki desain progesive.

Setelan rebound juga bisa dilakukan melalui seting di tabung gas. Sehingga sok mampu mengatur kecepatan naik-turun as ketika mengalami dekompresi. Atau, menahan laju sok kembali ke posisi semula ke atas setelah terjadinya tekanan ke bawah.

Dua sok bisa dipilih sesuai tipe motor. Buat pacuan matik, dijual Rp 7 juta. “Sedangkan untuk bebek bisa menggunakan model tabung rebound dan compression adjustable A1304 seharga Rp 13,5 juta,” kata Alex Winata, bos Daytona Indonesia.

resource : motorplus.otomotifnet.com 'Pilihan Sok Belakang, Sesuaikan Model dan Budget'



0 komentar:

Post a Comment