Tips Membersihkan Karburator Agar Tampil Kinclong

Membuat kinclong karburataor, pernahkah kepikiran untuknya. Ya..untuk membersihakan permukaan luar karbu motor terlihat bersih tanpa kusam. Meskipun ini jarang terpikirkan, tapi jika suka memiliki tampilan motor modif dengan mesin kinclong, mungkin ini sangat bermanfaat. Nah berikut tips membersihkan karburator agar tampil kinclong, cukup modal sabun colek dan air aki zuur saja.

Cara Membersihkan Karburator Supaya Kinclong

Sebenarnya pada karburator yang sering diservis pasti bagian luar juga otomatis dibersihkan, kecuali yang jarang di servis. Karena alasan tidak baik sering bongkar karburator.
kalau begitu mari dibikin bersih kinclong dengan sabun dan air aki zuur. Selain kedua bahan itu, kawan bikers juga butuh wadah buat merendam karbu. Lalu, sikat gigi bekas atau kuas cat yang berukuran kecil buat menggosok hingga ke permukaan-permukaan terdalam.

Setelah bahan dan perlengkapan semau telah disiapkan, lalu campurkan air aki zuur dan sabun colek secukupnya ke dalam wadah. Misalnya, setengah botol air aki zuur dan tiga hingga empat sendok teh sabun colek. Setelah itu, aduk keduanya hingga campuran merata.

Selanjutnya, lebih baik karburator dilepas dan dimasukkan dalam wadah untuk digosok. Juga perlu dibongkar kedua bagiannya supaya pembersihan  merata.

“Jangan lupa komponen karet, plastik dan spuyer di dalam karburator harus dilepas dan dipisah agar tidak rusak oleh air zuur,”

Karena air zuur mengandung H2SO4 (asam sulfat), jadi waspada agar jangan terkena kulit. Bila terkena kulit bisa-bisa tangannya gatel-gatel. Jadi hati-hati deh dalam pengerjaan nya. Jika dirasa permukaan luar karbu masih kurang bersih, proses ini bisa diulang lagi ya. Pokoknya sampai taraf kinclong yang diinginkan.

Jika ingin tanpa melepas komponen karbu. Kawan bisa mencelupkan sikat ke dalam air lalu di gosokkan ke karbu. Jangan kebanjiran air karena bisa merusak cat bodi kalau terkana air campuran zurr, yang penting bisa basah oleh sabun campuran air zurr. Digosuk samapi kinclong yang diharapkan.

Untuk pembersihan akhir, gunakan sabun yang dicampur air biasa saja, siram dan gosokkan sampai bersih. Setelah bersih tinggal dikeringkan, bisa juga pake kompresor angin biar cepat kering.
advertisement


0 komentar:

Post a Comment