Pusing Suara Motor Berisik, Bagaimana Solusinya?


Tiba-tiba mesin mororku suaranya menjadi berisik jadi kasar, padahal biasanya tidak seperti ini. Memang wajar saja jika Mega Pro 06 suaranya agak keras. Tapi suara kasar ini berbeda, suaranya kritik-kritik-tek-tek-tek di bagian dok mesin utama, rasanya mengganggu telinga, apakah ini?

Sebagai pemilik motor kesayangan saya paling gak harus tahu apa penyebabnya, begitu pikirku. 2 hal kemungkinan, disebabkan dari klepnya atau rantai kaprat. Wah parah ni kalau rantai kamprat/keteng kendor, harus keluar dana lebih ni untuk MP 06 ku. Paling tidak 150 ribu keluar untuk biaya ganti rantai kamprat Mega PRo.
Memang aku beli MP 06 second dan dah aku pakai selama 8 bulan ga ada masalah. Oke tak coba servis ringan dulu, ternyata benar dugaanku, oleh bengkelnya disuruh cek mesin dalamnya karena ada yang ga beres karena suara berisik tersebut. Semakin yakin ni kalo rantai keteng sudah kendor, tinggal cari  dana dulu siapkan 300 ribu.

Apa bahaya rantai kamprat kendor?

1. Suara jadi berisik, kritik-kritik-tek-tek-tek terdengar keras
2. Kalo dibiarkan rantai akan memakan blok mesain bagian dalam
3. Goresan yang semakin parah bisa menimbulkan celah olinya keluar

Otomatis ketika rantai kamprat udah kendor semakin motor digeber bunyinya  semakin keras dan gesekan ke mesin juga semakin keras. 

Ya sudah aku putuskan pergi ke bengkel terdekat yang kenal supaya mudah melobi dan menanyakan masalah ini itunya. Kalau bengkelresmi  takut teknisinya terlalu resmi dan kaku :-D

Untuk turun setengah mesin 4 jam an mas, begitu kata bengkelnya. Coz Mega Prto harus menurunkan burengnya untuk pasang kamprat beda dengan  motor bebek. Habis berapa pak? total 185 ribu mas udah pasti itu, untung ga lebih dari 200 ribu pikirku.

Setelah itu motor beres, sekitar 2 bulan mulai lagi masalah suara kasar kritik-kritik tersebut. WTF.. pikirku,apa-apaan ni mesin... Tulisan selanjutnya caraku menghadpai mesin yang berisik.
Post by: Al Doflamingo 
advertisement


0 komentar:

Post a Comment