Perusahaan motor Yamaha Indonesia meluncurkan Vixion terbaru di ajang Jakarta Motorcylce Show 2012, memasuki tahun 2013. Tampilan Vixion baru untuk tahun 2013 akan mengantikan produk sebelumnya. Perubahan body mempunyai kelebihan Yamaha Vixion Baru, terutama pada inovasi desain body.
Dersain body samping motor lebih artistik dimana lekukan bodinya memiliki sudut-sudut tajam seperti aerodynamic device, terlihat berotot dan solid di bagian depan tapi langsing dan lancip di bagian belakang.
Kabarnya Yamaha Vixion baru mengambil desain dari YZF-R1. Karena itu sentuhan fisik V-Ixion Lightning begitu kental seperti motor sport Yamaha berkapasitas 1000 cc, YZF-R1. Speedometer V-Ixion Lightning terinspirasi dari YZF-R1.
Desain new Vixion 2013 ini bisa dibilang berubah total dari versi Vixion sebelumnya. Namun Spesifikasi mesin All New Vixion 2013 juga tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Dari desain sendiri akan menggunakan Velg tyapak lebar dan menggunakan disk breake pada roda belakang.
Keunggulan perubahan Yamaha Vixion Baru
Penampilan baru V-Ixion Lightning juga terlihat pada tangkinya yang didesain seperti YZF-R1. Tutup tangkinya bergaya sporty berotot seperti airplane fuel cap, multi-layer surface, dan terbuat dari plastik ABS.
Lengan ayun V-Ixion Lightning lebih kokoh dan stabil dengan penggunaan swing arm model kotak. Knalpotnya sporty dan premium seperti YZF-R1. Shock breaker belakangnya berwarna sehingga lebih atraktif dan sporty.
Bagian velg terinspirasi dari YZF-R15 dan ada wheel pinstripe untuk menambah aksen sporty. Ada juga cakram belakang yang membuat tampilan V-Ixion Lightning lebih sporty dan meningkatkan performa pengereman.
Key shutter terintegrasi dengan fuel tank seperti desain motor gede Eropa. Sedangkan pegangan bodi belakang adalah desain baru karena menyatu dengan bodi belakang agar lebih simpel dan sporty seperti YZR-M1.
Keunggulan lain V-ixion Lighting adalah frame (rangka) yang menggunakan delta box yang banyak digunakan pada motor berkarakter balap. Selain kokoh juga sangat menunjang saat bermanuver dan stabil.
Paling penting memiliki teknologi Fuel Injection serta forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha. Dibandingkan dengan motor dengan mesin sama sekelasnya, V-ixion Lightning pun lebih unggul jika digunakan untuk balap.
Grafis V-Ixion Lighting sporty minimalis untuk menampilkan lekuk bodi dan kesan premium pada bodi motor. Ada lima warna yang tersedia yaitu putih merah, merah hitam, hitam solid dan champagne gold.
Spesifikasi Mesin Vixion
spesifikasi mesin V-Ixion Lightning tak berubah, tapi ada penyesuaian kemampuan mesin pada kaki-kakinya yang sudah menggunakan velg dan ban lebar. Tipe mesinnya tetap 4-langkah, 4 valve, SOHC, berpendingin cairan dan berkapasitas 150 cc.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 11,1 kW di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 13,1 Nm di 7.500 rpm. (sj)