Waktu Terbaik untuk Servis Motor

Servis sepeda motor menjadi rutinitas wajib bagi pemilik motor. Namun dalam hal servis motor beda-beda tiap orang. Ada yang rutin 3000 Km sekali, 2 bulan sekali atau bahkan menunggu setelah ada kerusakan. Karena itu muncul pertanyaan kapan waktu terbaik untuk servis motor?

Secara nyata belum pasti, karena kenyataanya ada orang yang menservis motornya setiap satu semester sekali, tetap baik-baik saja, malah yang tiap bulan sering servis muncul masalah atau ada kerusakan mesin, terus bagaimana?

Yang paling pokok adalah ganti oli, jangan malas  lupa ganti oli. Kira-kira saat sudah menempuh 3000-4000 Km atau 40-60 hari wajib ganti oli yang bagus. Karena pelumas merupakan bahan penjaga mesin dari gesekan-gesekan di saat beroprasi.

Dealer menyarankan servis setiap 2000 KM sekali
Belum tentu lo kalau rajin servis pasti awet, nemun kemungkinan awet yalebihbesar karena rajin dicek oleh teknisi bengkel. Tapi kan bikin boros juga, pastinya harus bayar untuk servis kalau masa garansi habis. 

Gaya servis pasca touring dengan perawatan ringan, misalnya membersihkan dok mesinbagian luar dan karbu. Pasalnya setelah motor dibawa touring mesin melakukan kerja lumayan berat, apalagi berjalan 2-3 hari.

Kesimpulannya:
Menurutku pada saat ganti oli bukan berarti harus servis. 2 kali ganti oli satu kali servis malah lebih baik. Karena mesin yang sering dibuka-buka justru tidak baik, bisa bikin aus baut dan daya rekat antar dok mesin yang menyababkan oli gampang bocor.

No comments:

Post a Comment

.