Seputar Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi


Motor bermesin Injeksi terus bermunculan di pasaran yang mungkin nantinya sistem injeksi akan diterapkan kepada semua jenis kendaraan. Sudah biasa jika suatu hal baru akan menimbulkan keraguan dan tanda tanya. Apa sih kelebihannya, kekurangannya, resiko, cara perawatan dsb. Tentu saja itu bukan tanpa alasan, karena akan berurusan dengan kepuasaan dan kenyamaan, apalagi motor yang berharga juta-jutaan. kembali ke mesin injeksi, mari bahas seputar kelebihan dan kekurangan motor injeksi.

Kelebihan motor injeksi

  1. Konsumsi bahan bakar lebih hemat(irit),karena takaran bahan bakar yang diproduksi EFI sudah ditentukan sesuai dengan kebutuhan yang ideal bagi mesin pada semua kondisi.Efisiensi bahan bakar=Irit
  2. Mesin lebih bertenaga dan memiliki akselerasi yang responsif, sehingga selalu dalam kinerja yang optimal.
  3. Pada motor dengan sistem EFI dilengkapi dengan fault code indicator.Jika ada masalah/kerusakan pada sistem EFI, lampu peringatan akan menyala sehingga segera diketahui untuk diperbaiki.
  4. Emisi gas buang yang lebih rendah,sehingga lebih ramah lingkungan.
  5. Kinerja motor tetap stabil tanpa terpengaruh oleh panas dinginnya suhu mesin dan keadaan cuaca.


Kelemahan motor injeksi

  1. Motor injeksi tidak dapat diutak-atik secara sembarangan karena part sangat sensitif. Dengan begitu mengharuskan pemilik untuk melakukan perawatan dan perbaikan di bengkel khusus.
  2. Bagi yang gemar memodifikasi motor, khususnya peforma dan kecepatan mesin, harus mengeluarkan dana yang lebih untuk motor jenis ini. Beberapa part  tergolong mahal dan pastinya merogoh kocek cukup dalam.
  3. Sparepart atau suku cadang dari motor injeksi juga cukup mahal. Motor injeksi juga membutuhkan pembangkit listrik yang lebih besar.
  4. Harus ekstra diperhatikan masalah kelistrikan jika ingin mengubah atau menambahkan beberapa part yang berhubungan dengan kelistrikan. Seperti pemasangan lampu jenis HID atau menambahkan asesoris lainnya. Jika tidak ditangani oleh orang yang sudah mengerti karakteristik motor injeksi, kesalahan kecil akan mengakibatkan motor mati.
  5. Mulut injektor yang kecil, akan sangat sensitif terhadap kualitas bahan bakar. oleh karena itu disarankan menggunakan bensin yang lebih baik kualitasnya daripada motor-motor yang menggunakan karburator. Selain itu kerja catalytics converter juga dipengaruhi kadar timbal / oktan dari bahan bakar yang digunakan.

No comments:

Post a Comment

.