4 Penyebab Motor Brebet saat di Gas


Bagi pemilik motor yang sudah berusia lebih dari 3 tahun pasti mengalami hal ini yang biasa orang sebut brebet, bikin panik dan ga nyaman yang pasti. Kira-kira apa penyebab motor brebet saat di gas. Ada beberapa kemungkinan yang harus kamu ketahui sebelum mengeluhkan ke bengkel antara lain:

Pertama, mungkin karburator kotor
Jika motor kamu masih tipe karburator, brebet adalah hal yang wajar karena karbu yang sudah tua dan mudah kotor akibat debu yang tak sengaja masuk entah dari mana sebabnya sehingga semprotan ke piston terganggu.

Kedua karena bahan bakar kotor akibat tangki
Penyebab motor brebet saat di gas besar terjadi karena bahan bakar yang koror. Kotornya bukan dari bahan bakarnya, melainkan dari tangki yang kotor akibat karat di dalam tangki yang kemudian turun ke karbu, nah berkaitan kan dengan poin pertama.

Ketiga, tangki kotor karena sering kehabisan bahan bakar
Melanjutkan poin kedua, tangki kotor penyebabnya suka telat isi bensin. Sehingga sering ada ruang di dalam tangki yang menyebabkan oksigen di dalam. Ingat penyebab karat pada logam adalah adanya oksigen. Jadi tangki yang baik adalah yang sering full.

Keempat, disebabkan busi yang kotor
Brebet nya sedikit beda dibanding ketiga poin diatas, penyebab motor brebet saat di gas yang disebabkan oleh busi biasanya menyebabkan mogok karena pengapian langsung mati. Kemudian starter nya juga susah.

Lalu bagaimana dengan motor injeksi tanpa karbu?
Bahan bakar kotor bisa saja jadi penyebabnya, bersihakan injektornya, dan juga cek busi kemudian dibersihkan.

Solusi paling mantab untukn mnegatasi motor brebet

1. Bersihkan tangki
Bisa kamu bersihkan sendiri atau bisa ke bengkel langganan minta dibersihkan)

2. Servis lengkap cek semua kondisi

3. Ganti busi yang baru

4. Gunakan bahan bakar dengan oktan lebih tinggi


Jangan tanggung-tanggung dan tunda-tunda sebelum kerusakan merembet ke hal hal lainnya.

No comments:

Post a Comment

.