Bahan Bakar Verza 150 Pilih Apa Ya?

Kira-kira sempat mikir ga Bro rider untuk  bahan bakar minyak (BBM) yang cocok untuk mesin Honda Verza 150 jika ditilik dari kompresinya. Udah pada tahu kan kalau bahan bakar mempunyai nilai oktan yang berbeda untuk tipe-tipe motor sesuai kompresinya. Bahan bakar Verza 150 pilih apa ya? tuh motor engine nya udah FI (fuel Injection)

Bahan bakar Honda Verza 150 motor dohc super, dengan kompresi 9,5:1, artinya masih lazim mengunakan pertalite :), namun akan lebih baik kalau diisi dengan pertamax. Untuk tipe mesin kompresi diatas 9,1:1 lebih bagus menggunakan bahan bakar Pertamax, namun untuk penggunaan pertalite masih okee. Perbedaan harga antara pertamax dan pertalite yang lumayan memberatkan dompet.

Jika Honda Verza 150 bro diberi pertamax tentu saja lebih mengoptimalkan kerja mesin injeksinya. Kabarnya ada sensor O2 dan catalytic converternya dianjurkan pake pertamax, dua part tersebut (yang harusnya jadi keunggulan komparabel dari motor ini) bisa jadi bumerang buat Honda, dua spare part yang mahal dan bisa cepet rusak bila motor menggunakan pertalite.

Namun kebanyakan artikel test ride bahan bakar Verza  yang mampu tembus 65-75 Km/L kebanyakan mengunakan pertalite, ga ada kewajiban untuk pertama. Jadi kalo diisi pertalite ga masalah, akan lebih baik pake pertamax, begitu kan?

Setelah kenaikan BBM di tahun 2022, sebaiknya tetao memakai pertamax, dengan selisih harga 4000 an tapi banyak yang mengatajan lebih irit.


Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

6 Comments

  1. Saya pake Shell Super.. Tarikan lumayan.. Kalo pake pertamax, masih ada timbal sedikit trus ninggalin noda warna..
    btw, BBM itu Bahan Bakar Minyak, Bukan Mesin..

    ReplyDelete
  2. Ngacok yg post.. Sejak kpn verza pake tipe mesin dohc??? Verza itu tipe mesinnya SOHC BOS!!

    ReplyDelete
  3. mungkin typo, s ama d kn tetanggaan

    ReplyDelete
  4. Dulu di tahun pertama pake premium tenaga kurang joss, dan kalau di servis si tukang servis bilang injeksi nya kotor dan nyaranin pake pertamax, akhirnya saya beralih ke pertamax sampai sekarang udah 4 tahun lebih. Pertamax mantap. Kalau pake shell susah nyari pomnya.

    ReplyDelete
  5. Misalnya Verza 150 dikasih Pertamax turbo, apakah merusak mesin?

    ReplyDelete
  6. Lebih bagus menyesuaikan kompresinya saja gan , verza kompresinya 9,5:1 disarankan menggunakan pertalid. Kalau pertamax itu buat yang kompresinya 10:1 ke atas dan kalau premium itu cocok buat yang kompresinya di bawah 9:1

    ReplyDelete
Previous Post Next Post