Mengidentifikasi Knalpot Motor Ngebul

Motor 4 tak knakpotnya ngebul, jika itu terjadii sebagai pemilik wajib waspada dan segera bertindak cepat. Ngebul merupakan indikasi ada masalah terhadap mesin, ada banyak hal penyebabnya. Tak jarang bagi orang yang awam dengan mesin motor pasti menjadi bingung atau justru ga sadar. Apalagi motor jenis injeksi kok keluar asap, wah harus diteliti. Mengidentifikasi knalpot motor ngebul keluar asap tidak gampang jika bukan orang yang banyak pengalaman dengan mesin.

Jenis ngebul pun ternyata berbeda-beda contohnya;
Ngebul pas dinyalian pertama di nyalakan atau pas pagi hari, tapi ketika sudah jalan tidak ngeluarin lagi.
Ada juga saat digeber untuk masuk gigi selanjutnya keluar asap hitam tapi setelah itu kembali normal lagi.
Dan yang paling parah keluar asap putih terus menurus seperti motor 2 tak, ini paling risih baik buat pemilik motor itu sendiri maupun pengendara lain di belakangnya.

Penyebabnya pun bisa beda-beda, saya sendiri pernah mengalami pada saat setelah servis justru jadi ngebul. Kalo gak salah ini karena busi masih basah entah kena oli atau bensin. Yang paling umum dan parah adalah lupa ganti oli sehingga ada mesin aus yang menybabkan oli bocor menuju knalpot terbakar dan menguap menjadi asap. Oli yang tidak cocok pun kadang juga bisa menjadi masalah, mulai dari performa yang menurun atau ngeluarin asap. Kalo oli udah bocor akibat piston aus, silinder rusak,  wah wah biaya perawatan bisa lumayan mahal, jangan sampai deh ini terjadi.

Untuk lebih jelasnya kami jelaskan panjang lebar di penyebab dan solusi motor ngebul

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

1 Comments

  1. Kalo ngebul putih pas di geber, itu kenapa ya ?
    Tapi ketika jalan cuma ngebul dikit bgt

    ReplyDelete
Previous Post Next Post