-

3 Ciri Kampas Kopling habis

Tanda atau ciri-ciri kampas kopling habis sebaiknya diketahui supaya  mesin motor tidak keterlanjuran rusak. Pada umumnya setiap bagian part mesin sepeda motor memiliki umur yang suatu saat perlu diganti, salah satunya yang akan dibahas adalah kampas kopling. Pasti anda tahu jika ada bagian motor yang sudah wajib diganti tetapi tidak tahu atau lupa, pasti menimbulkan masalah. Tanda kampas kopling habis bisa di deteksi pada keadaan motor, berikut ini tanda tandanya

- sering selip kopling, ganti gigi suka selip, pas masuk gigi digas bukannya tenaga yang keluar malah suaranya yang meraung. 

- Ketika ganti gigi kopling kurang pakem dan mulai "dol". Dol maksudnya mulai longgar dan ga pakem.

- tarikan terasa berat (akselerasi lemah dan gak dapet top speed), kopling mendadak melamah (gak galak) ketika perpindahan gigi, dan pada tahap paling parah motor kamu bakal berjalan sendiri meski tuas kopling ditarik penuh.

Yang mudah dicek adalah motor kopling manual dengan cara:
- masukkin gigi 1
- tarik rem tangan
- lepas kopling tanpa injak gas
- kalo mesin mati berarti kopling masih memadai
- kalo mesin tetep hidup cuma kedengeran aga berat /rpm turun, tandanya kopling sudah habis

Yang paling mudah mengetahui tanda kampas kopling adalah ciri ke-3, akselerasi motor terasa berat di pertambahan gigi top. Jika kurang yakin tanyakan pada bengkel yang dipercaya karena bengkel belum tentu bagus yang bisa saja membohongi, supaya membeli atau ganti sperpat terhadap pelanggan yang tidak tahu.

Baca juga tentang kesalahan mengenderai motor yang bisa  juga jadi penyebab kopling cepat habis



Ditulis Oleh : Aldofla ~

Anda sedang membaca artikel berjudul 3 Ciri Kampas Kopling habis yang ditulis oleh Blog Motor ID yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

1 komentar:

  1. Buat yang lagi nyari Kampas Kopling, kunjungi blog kita bro Jual Berbagai Kampas Kopling Racing & juga website kita Jual Berbagai Part Racing
    Terima Kasih

    ReplyDelete

Back to top