6 Penyebab Tenaga Motor Berkurang

Penyebab tenaga motor berkurang, hal ini sering tidak diketahui kebanyakan pengguna motor. Bagi para pemuda pecinta motor pasti mersakan saat tenaga motor berkurang, bisa saat di tanjakan atau pada saat di gas paksa tidak mau berlari kencang. Tenaga sepeda motor berkurang sering terjadi pada motor yang sudah berusia tua, bisa juga terjadi pada motor baru apabila salah perawatan atau penggunaanya. Masalah seperti ini bengkel pasti tahu, tapi jarang ada teknisi bengkel yang menjelaskan panjang lebar tentang penyebab berkurangnya tenaga motor. Untuk itu mari kita pelajari 6 penyebab tenaga motor berkurang.

1. Kampas kopling
Semua mesin motor dilengkapi dengan kampas kopling untuk menjaga gigi-gigi motor, ada sistem kopling manual dan otomatis. Karena fungsi kampas kopling sebagai penjaga gigi motor supaya stabil, kampas kopling lama-kelaman menjadi habis. Jika kampas habis biasanya tenaga motor menjadi berkurang karena gigi tidak stabil. Sper part kampas kopling relatif mahal, tapi jika penggunaan motor tepat maka kamps juga akan awet.

2. Busi
Busi yang sudah berumur lama menjadi penyebab lain hilangnya tenaga motor karena percikan api yang dihasilkannya tidak konstan. Hal ini disebabkan karena sudah kotor dengan jelaga atau celah busi sudah tidak tepat. Sebagai langkah darurat anda bisa membersihkan busi tersebut dengn meniup dan menggosoknya dengan ampelas. Demikian pula untuk mengatur jarak antar elektroda. Mungkin ganti aja yang baru kali ya secara harganya juga ga terlalu mahal kalau diliat dari fungsi dan masa penggunaannya.

3. Jarum Skep
Penyetelan komponen yang menjadi bagian dari karburator ini perlu dilakukan, karena tenaga mesin yang tidak optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang terlampau tinggi. Kalau anda tidak dapat menyetel sendiri, sebaiknya bawa kebengkel supaya hasil yang bener-bener maksimal

4. Saringan udara
Cobalah untuk membersihkan komponen yang berfungsi menyaring kotoran dan debu dari udara, sehingga memungkinkan udara bisa masuk lebih banyak keruang bakar, ini karena mungkin ada banyak kotoran yang menempel sehingga menghalangi asupan udara ke ruang bakar. Akan tetapi kalau anda merasa komponen ini sudah lama tidak diganti sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Penggantian ini dilakukan paling tidak setiap 20-25 ribu kilometer atau bersihin tiap service rutin bulanan.

5. Karburator
Didalam komponen inilah proses pengabutan(proses dimana bahan bakar bercampur dengan udara untuk pembakaran yang pada akhirnya proses tadi menghasilkan tenaga untuk menggerakkan sepeda motor berlangsung). Oleh karena itu, sama seperti saringan udara, kebersihan komponen ini juga patut di perhatikan. Service ringan rutin adalah salah satu cara menjaga kebersihan komponen ini.

6. Knalpot atau muffler
Knalpot yang tersumbat oleh kotoran hasil pembuangan dari pembakaran juga menjadi penyebab tenaga motor menjadi melorot. Oleh karena itu lakukan perawatan pada bagian ini setiap 3 bulan atau 6 ribu kilometer agar selain kebersihannya, performanya pun bisa tetap terjaga.
Bagaimana cara ngebersihin muffler: menurut beberapa informasi yang saya dapetin dari bro panca “ dia bilang dibakar dalemannya dengan cara tuang minyak tanah trus dibakar”

Penyebab berkurangnya tenaga motor ini kami ambil dari beberapa referensi. Setelah tahu beberapa penyebabnya akan lebih baik jika bisa merawat mesin motor dengan baik, karena jika sampai rusak, justru kita semakin susah, kecuali beli baru lagi broo...thanks sekian aja informasinya

Aldofla

Seorang manusia yang ingin bermanfaat bagi manusia lainnya. Berbagi artikel yang baik dan bermanfaat

1 Comments

  1. Seperti yang di tuliskan di atas, keausan kampas kopling pada motor juga mempengaruhi oleh sebab itu penting bagi kita untuk bisa membedakan bagaimana performa motor yang memiliki kampas kopling tipis. Selengkapnya bisa baca artikel 6 Ciri Jika Kampas Motor Anda Mulai Habis

    ReplyDelete
Previous Post Next Post